PDIP raih suara terbanyak untuk DPRD Yogyakarta

id pdip raih suara

PDIP raih suara terbanyak untuk DPRD Yogyakarta

PDIP

Jogja (Antara Jogja) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih suara sah terbanyak untuk DPRD Kota Yogyakarta pada Pemilu Legislatif 2014 berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di KPU Kota Yogyakarta, Senin.

Partai peserta pemilu dengan nomor urut empat tersebut meraih suara sah sebanyak 77.263 suara atau 34,69 persen dari total suara sah sebanyak 222.637 suara.

"Kami baru menetapkan rekapitulasi perolehan suara setiap partai politik dan ranking perolehan suara untuk calon anggota legislatif dari setiap partai, belum sampai ke penetapan calon anggota legislatif," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budianto di Yogyakarta, Senin.

Menurut Wawan, penetapan calon anggota legislatif yang akan memperoleh kursi di DPRD Kota Yogyakarta tersebut baru akan dilakukan pada 9-11 Mei.

"Tahapannya memang seperti itu sehingga kami harus mematuhinya. Hasil rekapitulasi perolehan suara ini akan segera kami kirimkan ke KPU DIY," kata Wawan.

Sementara itu, partai politik yang memperoleh suara terbanyak kedua untuk DPRD Kota Yogyakarta adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 30.095 suara atau 13,51 persen diikuti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 26.999 suara atau 12,12 persen.

Di tempat keempat diisi oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 21.088 suara atau 9,46 persen dan di posisi kelima ditempati Partai Golongan Karya dengan 17.763 suara atau 7,97 persen.

Wawan menyebutkan, rapat pleno rekapitulasi perolehan suara berjalan cukup lancar dan hingga akhir rapat tidak ada kejadian khusus maupun keberatan yang diajukan oleh para saksi.

Hasil rapat pleno tersebut kemudian dituangkan dalam berita acara yang dibuat rangkap 29 dan ditandatangani oleh komisioner KPU Kota Yogyakarta, dan seluruh saksi.

Selain perolehan suara sah, Wawan juga menyebut bahwa tingkat partisipasi pemilih di Kota Yogyakarta meningkat bila dibanding lima tahun lalu.

"Partisipasi pemilih tahun ini mencapai 75,88 persen atau meningkat cukup banyak dibanding lima tahun lalu yaitu sekitar 68 persen," katanya.

Jumlah pemilih yang terdaftar di Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 311.863 orang, dan pemilih yang menggunakan hak suaranya sebanyak 236.651 orang.

(E013)
Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024