Bupati: perlu siapkan strategi hadapi pasar bebas

id bupati: perlu siapkan

Bupati: perlu siapkan strategi hadapi pasar bebas

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi setempat menyiapkan strategi yang tepat untuk menghadapi era pasar bebas ASEAN.

"Perlu meningkatkan kontrol kualitas produk-produk yang dihasilkan Sleman serta melakukan inovasi produk sehingga produk-produk dapat bersaing. Terlebih pada 2015, akan menghadapi penerapan Era Perdagangan Bebas ASEAN," kata Sri Purnomo di Sleman, Kamis.

Ia berharap, Disperindagkop Kabupaten Sleman mampu membenahi dan meningkatkan pelayanan dalam membina UKM binaan di Kabupaten Sleman.

"Kebijakan, strategi dan kegiatan nyata untuk menghadapi era tersebut harus segera diformulasikan," katanya.

Menurut dia, penguatan terhadap standarisasi produk sesuai SNI, pengemasan produk, peningkatan infrastruktur, fasilitas serta layanan harus ditingkatkan agar terus mampu bersaing dengan produk-produk luar Sleman.

"Sudah saatnya memiliki `road map` di dalam pengembangan perindustrian, perdagangan dan koperasi di Kabupaten Sleman, baik dalam memperkuat produk, kelembagaan lembaga perekonomiannya, manajemen pengelolaan, pemasaran dan kapasitas sumber daya manusianya," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, selain itu evaluasi teknis terhadap penyelenggaraan program kerja harus dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan.

"Keberadaan UKM dan usaha ekonomi kreatif yang begitu berkembang pesat di Sleman, diperlukan pendataan dan juga penataan yang lebih baik. Mengingat keberadaannya merupakan sarana penggerak roda perekonomian masyarakat," katanya.

Disperindagkop, kata dia, juga harus mampu mengembangkan jejaring pasar dan kerjasama dengan berbagai institusi atau lembaga yang memiliki kepedulian dengan eksistensi produk lokal dan pasar tradisional.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024