Calhaj diminta jaga kebugaran tubuh antisipasi Mers-CoV

id haji

Calhaj diminta jaga kebugaran tubuh antisipasi Mers-CoV

Ilustrasi calon haji (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta  calon haji menjaga kondisi kebugaran tubuh mereka sehingga tidak mudah terserang virus MERS-CoV sebelum dan saat menunaikan haji.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Bambang Haryatno di Kulon Progo, Senin, mengatakan menjaga kebugaran tumbuh sangat penting bagi calon jamaah haji, sebelum mereka berangkat ke tanah suci sebagai imun dari serangan berbagai virus, khusunya MERS-CoV.

"Hingga kini belum ada obat penangkal virus MERS-CoV. Penangkal penyakit ini adalah kebugaran tubuh," kata Bambang.

Selain wajib menjaga kebugaran tubuh, lanjut Bambang, selama di tanah suci calon jamaah haji harus mengenakan masker.

"Yang tidak kalah penting selalu menerapkan perilaku hidup bersih," kata Bambang.

Hal yang sama dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinkes Kulon Progo Ananta mengatakan salah satu untuk mengantisipasi terkena virus MERS-CoV, calon jamaah haji harus menjaga kebugaran tubuh.

Dia mengatakan virus MERS-CoV yang menyerang masyarakat di Arab dan Medan (Sumatera Utara) tanda-tandanya yakni demam dan sesak nafas.

"Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Arab, calon jamaah haji harus imunisasi menginitis. Itupun belum menjamin 100 persen. Sebab, saat di Arab, terkadang kondisi kesehatan jamaah menurun, sehingga mempercepat masuknya virus MERS - CoV," kata Ananta.

Ananta pengatakan, Dinkes Kulon Progo telah melakukan pemeriksaan kesehatan 190 dari 202 calon jamaah haji. Tes kesehatan meliputi tensi, kondisi kebugaran jasmani, tekanan darah.

"Tes kesehatan ini wajib. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan jamaah. Sehingga saat di Tanah Suci, petugas sudah siap-siap mengantasipasi segala kemungkinan yang akan terjadi," katanya.

KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024