Dua tim kesenian Yogyakarta meriahkan PKB

id pkb tim yogya

Dua tim kesenian Yogyakarta meriahkan PKB

pesta kesenian bali (PKB) (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Denpasar (Antara Jogja) - Dua tim kesenian Yogyakarta pentas  memeriahkan hari keenam pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 yang berlangsung di Taman Budaya Denpasar, Bali, Rabu.

Kedua tim kesenian itu diperkuat 65 seniman tabuh dan tari yang mendapat perhatian besar masyarakat Pulau Dewata, termasuk wisatawan mancanegara dan nusantara yang tengah menikmati liburan di daerah ini.

Kedua tim kesenian tersebut terdiri atas tim kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta yang melibatkan 40 seniman dan tim kesenian  Kabupaten Gunung Kidul yang mengikutsertakan 25 seniman.

Isuur, manager pementasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta menjelaskan menampilkan dua garapan tari dengan penatanya Agung Triyulianto, SSN.

Kedua garapan tari itu meliputi Sinjang Sinerat yang dibawakan oleh empat penari wanita yang menggambarkan para remaja Gunung Kidul sedang beraktivitas membatik yang karyanya dapat dinikmati masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Tarian tradisional itu biasa dipentaskan untuk memeriahkan acara pernikahan dan kegiatan lainnya dalam menyambut para tamu.

Sedangkan tarian kedua berjudl "Satu Rupa" yang dibawakan sejumlah penari yang menggambarkan sifat-sifat karakter manusia yang berbeda-beda, namun semuanya diabadikan untuk mengabdikan untuk bangsa dan negara Indonesia.

Isuur menjelaskan, tari "Satu Rupa" sebelumnya keluar sebagai tiga predikat terbaik untuk penata tari, penata musik dan penyaji  dalam Festival Tari Kreasi Baru Remaja 2014 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tugu Monas Jakarta.

Tari "Satu Rupa" itu berhasil mengungguli tari yang ditampilkan duta seni dari 33 provinsi di Indonesia yang berlangsung di Monas, Jakarta 14-18 Mei 2014.

Sedangkan tim Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta menampilkan garapan pragmen tari Ramayana yang melibatkan 40 seniman pendukung.

Penampilan dua tim kesenian Yogyakarta itu merupakan salah satu dari delapan kali pementasan dalam memasuki hari keenam pelaksanaan PKB.

Pementasan lainnya berupa Parade Topeng Panca oleh Sekaa Topeng Pesona Budaya Kabupaten Bangli, Kesenian Klasik Gambang oleh Sanggar Manikasari Jalan Saroja Denpasar, Semara  Pagulingan, tim kesenian dari Jakarta Utara dan lomba wayang kulit tingkat anak-anak.

Selain itu juga pemutaran film dokumenter Bali dan parade gong kebyar dewasa yang berhadapan duta seni Kabupaten Bangli dengan Kabupaten Buleleng. (I006)   

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024