UPN jadi PTN tunggu Perpres dan Statuta

id menhan purnomo upn

UPN jadi PTN tunggu Perpres dan Statuta

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (Foto Antara)

Surabaya (Antara Jogja) - Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro menegaskan pergantian tiga Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, baik di Jatim, Yogyakarta dan Jakarta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) masih menunggu peraturan presiden (Perpres) dan statuta.

"Prosesnya sudah berjalan. Kami minta semua pihak ikut aktif. Pihak kampus juga aktif bukan hanya kami," kata Menhan saat menggelar jumpa pers usai orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-55 UPN Veteran Jatim di Gedung Giri Loka UPN Jatim, Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, Kementerian Pertahanan sudah aktif melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan. Harapannya, proses administrasi tersebut bisa segera diselesaikan secepatnya.

Meski UPN akan berubah status menjadi PTN, namun menurut Purnomo, UPN tidak bisa lepas dari semangatnya sebagai kampus Bela Negara. "Ini amanah dari para founding father (pendiri). Jangan meninggalkan sejarah," katanya.

Hal sama diungkapkan Dirjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan  Mayjen TNI Sonny E.S. Prasetyo. Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang mendorong agar pergantian UPN menjadi kampus negeri segera terlaksana.

"Ini domainnya Kementerian Pendidikan. Perpres sudah kita dorong dan UPN sudah menyiapkan statutanya," kata Sony yang juga Ketua Tim Penegerian UPN.

Rektor UPN Veteran Jatim Teguh Soedarto mengatakan pihaknya bersama-sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pertahanan sudah sepakat untuk menjadikan UPN sebagai PTN.

"Draf perpres dan statuta sudah dibuat. Saat ini tinggal dikirim ke Kementerian Pendidikan," katanya.

Teguh mengatakan proses pergantian UPN menjadi PTN memakan waktu cukup lama karena pihaknya perlu kehati-hatian. Hal ini dikarenakan pergantian ini juga menyangkut soal aset dan lainnya.

(A052)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024