Marquez raih kemenangan kesembilan secara beruntun

id balap motor

Marquez raih kemenangan kesembilan secara beruntun

Ilustrasi balap motor (foto agungsevi.wordpress.com)

Sachsenring, Jerman, (Antara/Reuters Jogja) - Juara dunia MotoGP Marc Marquez menorehkan kemenangan kesembilann  secara beruntun di Sachsenring pada Minggu, meski ia memulai Grand Prix Jerman dari "pit lane" setelah hujan sebelum balap dimulai.

Pebalap Honda berusia 21 tahun itu menjadi pebalap pertama sejak Giacomo Agostini asal Italia pada 1970 yang memenangi sembilan balap pertama dalam semusim. Agostini memenangi 10 balap pembukaan pada tahun itu.

Pada start yang tidak biasa, lebih dari separuh pebalap memulai balap dari pitlane setelah mereka memutuskan untuk mengganti ban-ban basah ke ban-ban slick.

Hal itu membuat Stefan Bradl asal Jerman, yang memilih menggunakan ban untuk kondisi kering sebelum formasi lap, berada sendirian di baris terdepan dan diikuti oleh sebagian kecil pebalap di belakangnya.

Marquez, yang pada tahun lalu menjadi juara MotoGP termuda sepanjang masa, lolos kualifikasi untuk menghuni posisi start terdepan namun ia harus berjuang dari urutan ke-10 sebelum mengambil alih pimpinan balap setelah enam putaran dan kemudian menjauhi para pesaingnya dengan nyaman.

Pebalap Spanyol itu sekarang telah meraih kemenangan di Jerman selama lima tahun terakhir - di kelas 125 cc pada 2010, kelas Moto2 pada 2011 dan 2012, dan kemudan kategori teratas.

Rekan setim Marquez di Repsol Honda sekaligus rekan senegaranya Dani Pedrosa finis di urutan kedua, tertinggal 1,466 detik, sedangkan juara dunia dua kali Jorge Lorenzo melengkapi penguasaan podium oleh para pebalap Spanyol dengan menghuni urutan ketiga untuk Yamaha.

Marquez sekarang telah mengumpulkan 225 angka, sedangkan Pedrosa 148 angka.

Pebalap Italia Valentino Rossi finis di urutan keempat untuk Yamaha.

(Uu.A.R.A Adipati)