Disbudparpora imbau pelaku wisata tidak naikkan tarif

id glagah

Disbudparpora imbau pelaku wisata tidak naikkan tarif

Pantai Glagah.Kulon Progo, DIY (foto Antara/noverandika)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau kepada pengusaha hotel atau penginapan dan rumah atau warung makan di objek wisata setempat tidak menaikan tarif atau harga tinggi saat libur Lebaran 1435 Hijriah.

Kepala Disbudparpora Kulon Progo Eko Wisnu Wardana di Kulon Progo, Jumat, mengatakan kenaikan harga atau tarif yang tidak wajar menyebabkan pengunjung kecewa dan enggan kembali berkunjung.

"Kami sudah melayangkan surat kepada pelaku wisata seperti pengusaha penginapan, dan warung makan, serta tukang parkir untuk tidak menaikan tarif tinggi," kata Eko.

Eko mengatakan imbauan ini untuk meningkatkan pelayanan dan menciptakan ketertiban, keamanan, kenyamanan bagi pengunjung objek wisata serta menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Untuk itu, ia mengimbau kepada para pengusaha hotel atau penginapan dan rumah atau warung makan untuk menjaga ketertiban dan keamanan bagi pengunjung objek wisata, melayani pengunjung dengan ramah dan memberikan kesan dan kenangan yang baik kepada pengunjung, menjaga higienitas, sanitasi, kebersihan dan keindahan, serta memasang tarif dengan harga wajar.

"Kami memang tidak memberlakukan saksi keras kepada pihaknya yang menaikkan tarif atau harga. Tapi, kami berharap kesadaran semua. Mereka mencari rejeki objek wisata, apabila pengunjung puas tentu semua ikut menikmati," katanya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim SAR untuk meningkatkan pengawasan keselamatan pengunjung atau wisatawan di objek wisata, khususnya sepanjang Panti Trisik, Glagah dan Congot, serta Waduk Sermo. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan di objek wisata.

"Kita ketahui bersama, kondisi cuaca diperairan selatan sedang kurang bersahat. Kami berharap, pada libur lebaran nanti tidak ada kecelakaan laut. Tim SAR sangat berperan untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan," katanya.

(KR-STR)