Pemkot Ternate semarakkan Ramadhan dengan Festival Ela-ela

id pemkot ternate semarakkan

Pemkot Ternate semarakkan Ramadhan dengan Festival Ela-ela

Festival Ela-ela (Foto antaranews.com)

Ternate (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menyemarakkan akhir Ramadhan dengan menggelar Festival Ela-ela, sekaligus sebagai salah satu upaya melestarikan budaya Islam di daerah pusat pemerintahan Kesultanan Ternate itu.

Kepala Bidang Pengembangan Wisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ternate Mochtar Ibrahim di Ternate, Sabtu mengatakan Festival Ela-ela akan digelar pada 24 Juli 2014 dengan kegiatan di antaranya berupa lomba keindahan ela-ela antarkelurahan.

Festival Ela-ela itu diinspirasi dari ritual masyarakat Ternate dalam menyambut malam Lailatul Qadar atau malam seribu bulan dengan cara menyalakan obor atau dalam bahasa daerah disebut ela-ela.

Mochtar mengatakan Festival Ela-ela tersebut akan menjadikan Ternate dipenuhi dengan lampu lampion dan obor yang dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik dan khas, sehingga pada saat itu orang menyebut Kota Ternate sebagai kota obor.

Lampu lampion dan obor tersebut dipasang di setiap depan rumah warga dan perkantoran, bahkan ada pula sengaja di tempatkan di gapura lorong permukiman warga, sedangkan bahan bakarnya selain dari minyak tanah, juga ada dari damar sehingga menimbulkan aroma yang wangi.

"Untuk mendorong antusias masyarakat ambil bagian dalam Festival Ela-ela tersebut, pemkot mengadakan lomba keindahan ela-ela antarkelurahan dengan hadiah uang tunai dan piala. Penilaiannya dititikberatkan pada keindahan, kesemarakan dan partisipasi warga setempat dalam pemasangan elaela," katanya.

Selain Pemkot Ternate, Kesultanan Ternate juga menggelar ritual ela-ela secara khusus di kedaton Kesultanan Ternate, yang di antaranya ditandai dengan pembacaan doa serta arak-arakkan obor oleh pasukan adat Kesultanan Ternate.

Perangkat Kesultanan Ternate yang juga Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar mengatakan ritual ela-ela tersebut merupakan warisan leluhur yang bertujuan sebagai bentuk rasa syukur dan kegembiraan atas turunnya Lailatul Qadar.

(L002)
 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024