Telkomnika UAD raih ranking pertama SNIP Scopus

id telkomnika uad raih

Telkomnika UAD raih ranking pertama SNIP Scopus

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jogja (Antara Jogja) - Jurnal Telkomnika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta meraih ranking pertama di Indonesia berdasarkan variabel Source Normalized Impact per-Paper (SNIP) dari penilaian Scopus.

"Telkomnika juga menduduki ranking tiga di Indonesia berdasarkan indikator Scimago Journal Rank (SJR) dari penilaian Scopus," kata editor in chief Jurnal Telkomnika Universitas Ahmad dahlan (UAD) Tole Sutikno di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, posisi Telkomnika itu berada di atas jurnal beberapa perguruan tinggi negeri seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

"Telkomnika menerbitkan semua artikel berkaitan dengan bidang teknik elektro, komputer, dan informatika meliputi seluruh bidang teknik telekomunikasi, komputasi, elektronika, elektrik, kendali dan instrumentasi, komputer dan informatika," katanya.

Ia mengatakan Telkomnika akan dibaca oleh semua akademisi dan peneliti meliputi mahasiswa jenjang S-1, S-2, dan S-3, dosen, peneliti, pustakawan, dan pemerhati pendidikan di Indonesia.

"Telkomnika yang terbit pertama pada Desember 2003 oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD itu terakreditasi A oleh Ditjen Dikti per Agustus 2013," katanya.

Menurut dia, saat ini Telkomnika telah menerbitkan lebih dari seribu artikel. Pada 2007-2010, Telkomnika menerbitkan naskah dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dan sejak edisi Desember 2010 semua naskah yang diterbitkan dalam bahasa Inggris.

"Sesuai dengan visi dan misi UAD untuk `go international`, Jurnal Telkomnika menjadi salah satu jurnal yang dikenal seluruh dunia," katanya.

Ia mengatakan Scopus adalah salah satu "flagship" yang dimiliki oleh Elsevier. Scopus adalah lembaga pengindeks yang mengevaluasi unjuk kerja atau kualitas) sebuah jurnal internasional.

Di Indonesia, kata dia, sebuah jurnal dikatakan sebagai jurnal internasional bereputasi "terakreditasi" salah satunya apabila terindeks di Scopus.

"Telkomnika adalah salah satu dari 17 jurnal di Indonesia yang terindeks oleh Scopus. Dari 17 jurnal tersebut hanya Telkomnika yang sekaligus terakreditasi A oleh Ditjen Dikti," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024