Polda DIY jamin jalur mudik Yogyakarta aman

id polda diy jamin

Polda DIY jamin jalur mudik Yogyakarta aman

Kapolda DIY Brigjen Oerip Subagyo (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin pemudik yang melewati jalur Yogyakarta dalam kondisi aman dan siap dilalui oleh pemudik pada Lebaran 2014.

Kapolda DIY Brigjen Oerip Subagyo di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan secara umum jalur mudik di DIY sudah siap dilalui pemudik, meski demikian pihaknya akan mempersiapkan personel gabungan baik dari petugas kepolisian ataupun petugas dari instansi lain.

"Kesiapan jalur mudik saya sudah orientasi di daerah, dan hasilnya bagus," kata Oerip di Markas Polres Gunung Kidul seusai melakukan tinjauan ke jalur mudik di DIY

Terkait dengan pengamanan, Oerip mengaku pihaknya akan melakukan pencegahan terkait akan adanya tindakan kriminalitas di jalur mudik. "Kami akan upayakan pengamanan terhadap, dan pencegahan terhadap gangguan keamanan," katanya.

Disinggung mengenai jalur mudik yang bertepatan dengan pengumuman Pilpres 22 Juli, ia menjamin, DIY dalam kondisi aman. "Insya Allah aman, dan mengajak masyarakat untuk menjaganya," katanya.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan pihanya telah menyiapkan pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan di 27 titik rawan kecelakaan dan tindak kriminal. Kesiapan beberapa pos ini termasuk dalam Operasi Ketupat Progo. Rencananya Polres Gunung Kidul akan menerjunkan 1.000 personel demi mengamankan dan menjaga kelancaran arus mudik.

"Sebanyak 27 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan kami siapkan, nantinya pengamanan ini juga akan melibatkan 450 personel polisi dan lintas dinas sebanyak 1.000 personel termasuk dari Senkom mitra Polisi," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024