Pengamat: KPU harus tetapkan hasil pilpres Selasa

id pengamat: kpu harus

Pengamat: KPU harus tetapkan hasil pilpres Selasa

Erwan Agus Purwanto (Foto opensciencemeeting.org)

Jogja (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum harus menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu Presiden 2014 pada Selasa (22/7), kata pengamat politik Erwan Agus Purwanto dari Universitas Gadjah Mada.

"Penetapan harus tetap dilangsungkan, agar masyarakat segera mendapat kepastian siapa presiden (terpilih, red) nya. Presiden terpilih dapat segera menyusun kabinet dan merealisasikan janji-janjinya kepada masyarakat," kata Erwan di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, saat ini masyarakat telah merasa lelah dengan isu politik mulai Pemilu Legislatif, hingga berlanjut pada Pemilu Presiden.

"Ini sudah sangat melelahkan bagi masyarakat, psikis mereka sudah tersita dengan pemilu legislatif dan dilanjutkan kampanye calon presiden," katanya.

Menurut dia, tidak rasional apabila penetapan pemilu diusulkan ditunda apalagi dilakukan pemilu ulang.

"Tidak ada kecurangan yang terbukti dilakukan secara masif sehingga tidak perlu dilakukan pemilu ulang. Masyarakat juga selama ini dapat melakukan pemantauan secara transparan," kata dia.

Sementara itu, pascapenetapan hasil suara pilpres, menurut dia, presiden terpilih harus segera melakukan rekonsiliasi nasional.

"Karena kemenangan sangat tipis sehingga ini menjadi tugas presiden terpilih untuk merangkul dan menjalin kerja sama dengan seluruh pihak," katanya.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024