Pengelola Borobudur pentaskan kesenian tradisional selama Lebaran

id pengelola borobudur pentaskan

Pengelola Borobudur pentaskan kesenian tradisional selama Lebaran

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Foto antarafoto.com)

Magelang (Antara Jogja) - Taman Wisata Candi Borobudur akan mementaskan kesenian tradisional di pelataran candi Buddha tersebut  untuk menghibur pengunjung selama libur Lebaran 2014.

"Pada libur Lebaran kali ini ada hiburan keroncong dan kesenian tradisional yang akan pentas setiap hari untuk menghibur pengunjung," kata Wakil Kepala Operasional I Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto di Magelang, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut usai apel gelar pasukan Operasi  Ketupat Candi 2014 tingkat Kabupaten Magelang.

"Pementasan kesenian tradisional tersebut kami kerja sama dengan Asosiasi Kesenian Rakyat Borobudur (Askrab) dan Warung Info Jagad Cleguk," katanya.

Ia mengatakan puncak kunjungan pada Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada H+3, diharapkan jumlah kunjungan mencapai 52 ribu orang pada hari tersebut.

Ia menuturkan target pengunjung selama libur Lebaran, yakni 26 Juli 2014 hingga 10 Agustus 2014 bisa mencapai 315 ribu pengunjung.

"Jumlah pengunjung pada libur Lebaran tahun lalu sebanyak 285 ribu orang dan tahun ini ditargetkan bisa naik sekitar tujuh persen," katanya.

Tokoh seniman dari Warung Info Jagad Cleguk, Sucoro, mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya akan mementaskan sejumlah kesenian tradisional, antara lain soreng, kuda lumping, warakan anak, jatilan, dan campur.

(H018)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024