Pemerintah cari solusi soal anjloknya harga cabai

id pemerintah cari solusi

Pemerintah cari solusi soal anjloknya harga cabai

Menteri Pertanian Suswono (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Pertanian Suswono mengatakan pemerintah sedang mencari solusi terkait anjloknya harga cabai khususnya di tingkat petani akibat terlalu banyaknya pasokan ke pasar-pasar tradisional.

"Untuk cabai harga di tingkat petani memang masih rugi, karena itu sedang dibahas untuk dicari solusinya terutama pada saat-saat tertentu seperti saat ini dimana ada kelebihan pasokan," kata Suswono, seusai melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Klender, Jakarta Timur, Senin.

Suswono mengatakan kelebihan pasokan tersebut sesungguhnya dikarenakan harapan petani harga cabai akan bagus seperti tahun 2012, dan membuat sebagian besar petani tersebut menanam cabai yang pada akhirnya pasokan cabai terlalu banyak.

"Para petani berekspektasi berdasarkan harga tahun lalu dimana harga cabai tinggi, sehingga rata-rata mereka menanam dengan jumlah banyak sehingga ada suplai berlebih," ujar Suswono.

Menurut Suswono, kondisi demikian hendaknya juga menjadi pelajaran bagi para petani agar mampu belajar untuk menjaga pasokan agar harga cabai bisa lebih stabil dan menguntungkan bagi mereka.

"Mereka menanam dengan jumlah besar, jadi 'over supply'. Saya kira pelajaran juga bagi petani supaya bisa mengatur agar suplai terjaga, stabil dan tetap menguntungkan," kata Suswono.

Beberapa waktu lalu, pemerintah akan mengkaji pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk industri pengolahan cabai yang dinilai mampu mengatasi naik-turunnya harga cabai khususnya di tingkat petani.

"Pengurangan PPN itu harus ada, karena begitu cabai dikeringkan dan masuk ke proses komersial itu terkena PPN, dan begitu ada PPN maka semua orang akan mundur, itu yang harus dijembatani," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, beberapa waktu lalu.

Lutfi mengatakan pihaknya telah menyampaikan rencana tersebut secara informal kepada kementerian terkait, mengingat pada rapat koordinasi soal pangan menyatakan bahwa harus ada perbaikan untuk hortikultura.

Hingga saat ini, harga cabai khususnya cabai keriting merah pada tingkat petani berkisar Rp3.000 per kilogram, padahal, untuk mencapai titik impas di tingkat petani sebesar Rp6.000 per kilogram.

(V003)
 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024