Pemkab Gunung Kidul beri pelayanan saat lebaran

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul beri pelayanan saat lebaran

Logo Pemkab Gunung Kidul (eksotismegunungkidul.blogspot.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui beberapa satuan kerja perangkat daerah tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur Lebaran 2014.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya mewajibkan beberapa satuan kerja perangakat daerah (SKPD) yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), untuk masuk kerja dengan sistem shift.

"Saat lebaran nanti, wilayah Kabupaten Gunung Kidul akan didatangi pemudik dan wisatawan. Saya pun akan ikut memantau dan akan turun langsung termasuk ke objek wisata pantai," kata Badingah.

Menurut dia, pemantauan penting dilakukan, pasalnya pemudik tahun ini akan mencapai 100 ribu, atau naik lima persen dibandingkan pada 2013, sehingga diperlukan koordinasi masing-masing dinas agar bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Badingah mencontohkan penanganan serangan ubur-ubur yang menyerang wisatawan 2013 yang tidak ditangani secara maksimal, sehinga wisatawan menjadi tidak nyaman.

"Jangan sampai kejadian tahun lalu mengenai penanganan ubur-ubur menjadi isu nasional karena penanganannya kurang baik," kata Badingah.

Sekda Gunung Kidul Budi Martana menambahkan libur Lebaran 2014 lebih panjang dari biasanya memerlukan koordinasi lintas SKPD untuk pelayanan, termasuk satu pengamanan dimasing-masing kantor yang belum memiliki CCTV.

"Sebenarnya sudah menjadi rutinitas setiap tahun dimana ada SKPD yang tidak libur," katanya.

Budi mengatakan seluruh PNS yang masuk bergantian masih memiliki cuti yang sama dengan pegawai lainnya. Selain itu akan mendapatkan kompensasi uang lembur. "Ada kompensasinya untuk yang lembur," kata dia.

Budi mengatakan, objek wisata menjadi prioritas utama karena Gunung Kidul menjadi salah satu tujuan wisata favorit di DIY.

"Dishubkominfo, Dinas Kesehatan dan Disbudpar akan berjaga siang malam termasuk di objek wisata," katanya.

  KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024