Dinlopas optimalkan petugas untuk pengamanan Beringharjo

id beringharjo

Dinlopas optimalkan petugas untuk pengamanan Beringharjo

Pasar Beringharjo Yogyakarta (Foto ANTARA/Heribertus)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta tidak akan menambah personel pengamanan di Pasar Beringharjo saat puncak kepadatan pengunjung, namun hanya akan mengoptimalkan petugas yang sudah ada.

"Tidak ada penambahan personel. Jumlah 30 petugas yang ada dirasa sudah cukup, sehingga yang harus dilakukan hanya mengoptimalkan kinerjanya saja," kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, petugas pengamanan tersebut akan membantu pengamanan di dalam pasar maupun di luar pasar, seperti membantu mengatur arus lalu lintas di bawah koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

"Seluruh personel pengamanan diterjunkan agar kondisi pasar tetap aman dan nyaman, termasuk arus lalu lintas di Jalan Pabringan tetap lancar dan tidak macet," katanya.

Selain menerjunkan petugas pengamanan, Dinas Pengeloloaan Pasar Kota Yogyakarta juga memanfaatkan radio pasar untuk mengingatkan pengunjung agar selalu menjaga barang bawaannya agar tetap aman.

"Saat ini, sudah ada peningkatan pengunjung ke Pasar Beringharjo. Peningkatan akan terus terjadi hingga pascalebaran," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta diminta untuk terus melakukan pengawasan terhadap kualitas barang yang dijual di pasar tradisional.

"Ada dua pasar besar di Yogyakarta yaitu Pasar Kranggan dan Pasar Beringharjo. Dinas perlu melakukan pengawasan terhadap kualitas barang yang dijual, khususnya menjelang hari raya," katanya.

Kontrol kualitas barang tersebut salah satunya difokuskan pada bahan makanan sehingga konsumen terhindar dari makanan yang tidak laik konsumsi.

"Ini bagian dari perlindungan konsumen sehingga mereka tidak dirugikan," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024