Dinkes DIY akan intensifkan pemeriksaan sopir bus

id dinkes diy akan

Dinkes DIY akan intensifkan pemeriksaan sopir bus

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba serta kandungan alkohol bagi sopir bus selama arus mudik Lebaran (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengintensifkan pemeriksaan kesehatan sopir bus antar kota antar provinsi di daerah ini selama musim mudik-balik Lebaran.

"Pemeriksaan akan dilakukan untuk mengetahui kelayakan sopir untuk membawa kendaraan mengantar penumpang jarak jauh dalam masa mudik," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Daryanto Chadorie di Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan pemeriksaan dilakukan dengan tujuan mengurangi risiko kecelakaan berkaitan dengan kondisi kesehatan sopir.

Adapun beberapa pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan, katanya, meliputi pengecekan gula darah, tekanan darah, alkohol hingga penggunaan narkotika. Pemeriksaan akan dilakukan di Pos Kesehatan yang telah disiapkan di tiga terminal bus di DIY.

"Jika kondisi sopir nanti ternyata kurang sehat atau dinyatakan tidak layak mengemudikan bus dalam jarak jauh, maka akan kami minta untuk diganti," katanya.

Menurutnya, upaya tersebut perlu dilakukan seiring meningkatnya jumlah kecelakaan kendaraan pada setiap musim mudik Lebaran dari tahun ke tahun.

Pemeriksaan kesehatan yang akan berlangsung intensif mulai H-7 hingga H+7 Lebaran itu akan dilakukan di Terminal Bus Giwangan, Terminal Bus Jombor, dan Terminal Bus Wates.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024