Ekonom: Jokowi bangkitkan optimisme ekonomi

id ekonom: jokowi bangkitkan

Ekonom: Jokowi bangkitkan optimisme ekonomi

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (Foto ngapaksport.wordpress.com)

Jogja (Antara Jogja) - Presiden terpilih Joko Widodo akan membawa angin segar bagi perekonomian Indonesia, karena dinilai mampu membangkitkan optimisme ekonomi makro, kata ekonom Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ahmad Ma`ruf.

"Optimisme ekonomi makro itu diyakini akan membawa pertumbuhan yang bisa mencapai 6,5 persen. Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2014 itu akan membawa ekonomi terstimulus positif," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kecerdikan dalam mengelola birokrasi seperti lelang jabatan, ketegasan pada staf yang korupsi, dan sikap kesederhanaan dalam keseharian Jokowi, menjadikan modal optimisme adanya perubahan dalam perilaku ekonomi.

"Bagaimanapun, perilaku ekonomi makro sangat terkait dengan perilaku pemimpin," kata peneliti senior dari lembaga riset Institute for Public Policy and Economic Studies (Inspect) itu.

Ia mengatakan berpijak pada pola kebijakan yang selama ini dilakukan Jokowi saat menjabat sebagai wali kota Surakarta dan gubernur DKI Jakarta, maka ekonomi populis yang prorakyat akan dilakukannya.

"Hal itu merupakan pola penyeimbang dari dominasi ekonomi pasar menjadi sedikit bergeser karena ekonomi rakyat berpotensi akan tumbuh progresif," kata dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu.

Menurut dia, hasil kelola ekonomi oleh Jokowi itu juga sangat ditentukan oleh kesuksesan pada saat rekrutmen tim kabinet. Dalam rekrutmen tim kabinet diharapkan tidak berbasis transaksional.

"Rekrutmen tim kabinet itu diharapkan riil pada pemilihan karena kompetensi dan orang yang memang mampu mengikuti pola kebijakan Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) sebagai presiden dan wakil presiden," kata Ma`ruf.

Jokowi-JK terpilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019 pada Pilpres 2014 setelah meraih 70.997.833 suara atau 53,15 persen dari suara sah sebanyak 133.574.277, unggul dari Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang memperoleh 62.576.444 suara atau 46,85 persen dari suara sah nasional.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024