Polres berlakukan jalur searah menuju objek wisata

id JJLS

Polres berlakukan jalur searah menuju objek wisata

Kapolres Gunung Kidul AKBP Faried Zulkarnaen. (Foto Mamiek/Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberlakukan jalur searah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jalur menuju objek wisata pantai.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Faried Zulkarnaen di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan penutupan jalur dimulai dari Simpang Tiga Mulo dan beberapa ruas jalur alternatif menuju pantai.

Seluruh kendaraan akan diarahkan melalui jalur utama Pantai Baron atau Jalur Jalan Lintas Selatan(JJLS) melalui Paliyan dan Saptosari. Sementara itu, jalur keluar pantai melalui tepus. nantinya seluruh simpang akan dijaga ketat polisi," kata Faried.

Faried mengatakan pemberlakukan jalur searah menuju pantai dilaksanakan pada H+1 lebaran. "Nantinya pemberlakuan jalur searah sampai kondisi normal," katanya.

Ia mengatakan penerapan ini karena tahun sebelumnya terjadi kemacetan panjang disekitar jalur pantai yang mencapai beberapa kilometer. Diharapkan, setelah pemberlakuan ini pengunjung bisa menikmati wisata pantai.

"Lebaran sebelumnya, kami menerapkan dua arah, sehingga menyebabkan macet panjang bahkan sampai lebih dari tiga jam," kata dia.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Faizal Pratama mengatakan sudah memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan, melalui leaflet tentang jalur wisata.

"Kami cetak 10 ribu lembar jalur lalu lintas ke objek wisata. Nanti akan kita sebarkan di beberapa lokasi strategis," kata Faizal.

Dia mengakui jika kebijakan ini nantinya akan merugikan penduduk yang tinggal di jalur wisata karena harus memutar beberapa kilometer. "Kebijakan ini kami ambil untuk kepentingan yang lebih besar," katanya.

Memasuki lima hari sebelum lebaran, arus mudik lebaran ke Gunung Kidul mulai ramai. Arus lalu lintas Yogyakarta-Wonosari yang sebelumnya lengang, tetapi dengan semakin dekatnya lebaran, kondisi jalan semakin padat.

(KR-STR)