14 mahasiswa UNY "sit-in" di luar negeri

id 14 mahasiswa uny

14 mahasiswa UNY "sit-in" di luar negeri

Universitas Negeri Yogyakarta

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta akan mengikuti program "sit-in" di Phnom Penh, Kamboja, dan Dasmarinas, Filipina, untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

"Mereka merupakan mahasiswa pilihan dan mahasiswa berprestasi UNY 2014," kata Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY Retna Hidayah di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, 14 mahasiswa itu terbagi dalam dua program `sit-in` yakni enam orang akan mengikuti program "sit-in" untuk mahasiswa pilihan dan delapan orang akan "sit-in" untuk mahasiswa berprestasi.

"`Sit-in` mahasiswa pilihan dilaksanakan pada 1-7 Agustus 2014 di Phnom Penh, Kamboja, sedangkan `sit-in` mahasiswa berprestasi dilaksanakan pada 2-13 Agustus 2014 di Dasmarinas, Filipina," katanya.

Ia mengatakan enam mahasiswa yang akan mengikuti "sit-in` untuk mahasiswa pilihan adalah Hania Eka Andari, Syarifatun Niam A, Dwi Dara SP, Rizza Untsa Nuzulia dan Luh Mitha P dari FMIPA serta Agusti Bayu Putra dari FE.

"Delapan mahasiswa peserta program `sit-in` untuk mahasiswa berprestasi adalah Pebri Nurhayati dari FIS, Roni Kurniawan Pratama (FBS), Nurrina Dyahpuspita (FIP), Siti Maesyaroh (FE), Astrid Asfrony (FT), Purwoko Haryadi Santoso (FMIPA), Arbiarso Wijatmoko (FIK), dan Fasih Radiana Rahmawati (D3 FT)," katanya.

Rektor UNY Rochmat Wahab mengatakan kegiatan kemahasiswaan memerlukan variasi. Oleh karena itu program "Sit-in" cukup penting dilaksanakan.

Program itu, kata dia, diperlukan agar mahasiswa mempunyai wawasan yang luas, apalagi pada masa sekarang "networking" telah menjadi sesuatu yang dibutuhkan.

"Selamat pada mahasiswa terbaik yang telah terpilih melalui proses yang objektif, demokratis, dan transparan," katanya.

Menurut dia, program itu merupakan bagian dari penyuksesan program "world class university". Para mahasiswa peserta program itu mengemban misi akademik dan membawa nama baik universitas bahkan nama negara.

"Belajarlah bukan hanya akademik semata tetapi juga belajar tentang kehidupan. Bangunlah rasa saling menghormati antara satu dengan lain karena hal itu akan menjadi momentum hidup yang bersejarah dalam hidup mahasiswa," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024