Taman Pintar miliki wajah baru jelang Lebaran

id taman pintar miliki

Taman Pintar miliki wajah baru jelang Lebaran

Taman Pintar Yogyakarta (Foto ANTARA/Heribertus)

Jogja (Antara Jogja) - Tempat wisata edukasi yang telah menjadi ikon pariwisata di Kota Yogyakarta, Taman Pintar, memiliki "wajah" baru untuk menyambut libur Lebaran yaitu di wahana laminer yang berada setelah pintu masuk utama.

"Akan ada tampilan baru di wahana laminer dengan penambahan titik pompa yang menyemburkan air. Dipastikan, wahana ini akan semakin menarik," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Jumat.

Jika sebelumnya di wahana tersebut hanya ada lima titik pompa yang menyemprotkan air, maka saat ini sudah ditambah menjadi 20 titik pompa yang menyemburkan air secara bersamaan sehingga membentuk tirai air.

Yunianto menyebut, pengunjung Taman Pintar kerap memanfaatkan lokasi tersebut untuk berfoto sehingga pengelola pun memutuskan untuk melakukan perbaikan agar wahana tersebut semakin menarik.

Pembaruan peraga lain juga dilakukan di Gedung Oval lantai dua, khususnya di wahana Jembatan Sains yang menampilkan beragam keilmuan dasar seperti fisika, kimia, bilogi dan matematika.

"Kami berharap, pembenahan di sejumlah wahana tersebut dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan menarik bagi pengunjung," katanya.

Selama libur Lebaran, Taman Pintar memperkirakan akan ada peningkatan kunjungan yang cukup signifikan yaitu mencapai lebih dari 100.000 wisatawan. Wisatawan didominasi rombongan keluarga yang sedang menghabiskan waktu di Yogyakarta.

"Kami akan meningkatkan jumlah pemandu dari 60 orang menjadi 88 pemandu untuk mendukung layanan kepada pengunjung," kata Yunianto.

Selain itu, Taman Pintar juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyaakrta dan Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta mendirikan Posko Jogobaran di pintu masuk utama Taman Pintar.

"Akan ada petugas yang membantu pengunjung untuk menyeberang Jalan Senopati, sekaligus menjaga agar lalu lintas tetap tertib," katanya.

Pada hari H Lebaran, Taman Pintar tetap akan buka namun hanya setengah hari dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan pelayanan tiket hingga pukul 16.00 WIB, sedangkan pada hari berikutnya buka pada jam normal.

(U.E013)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024