UNY buka program studi ilmu komunikasi

id uny buka program

UNY buka program studi ilmu komunikasi

UNY

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ajaran 2014/2015 membuka Program Studi Ilmu Komunikasi strata satu yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial.

"Pembukaan program studi baru itu diharapkan dapat menjawab tantangan era komunikasi dan informasi yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat," kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Ajat Sudrajat di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, melalui pendidikan pada Program Studi Ilmu Komunikasi strata satu (S-1) diharapkan akan dihasilkan lulusan yang memiliki kecakapan sebagai peneliti, perencana, dan pelaksana program komunikasi di berbagai media, perusahaan, dan organisasi.

"Untuk menjawab tantangan `banjir informasi` dan `komunikasi tanpa etika` setiap peserta didik dibekali kemampuan literasi media sehingga mahasiswa dapat menjadi profesional yang bermoral dan beretika," kata Ajat.

Pengelola Program Studi Ilmu Komunikasi S-1 FIS UNY Dyna Herlina mengatakan program studi itu menawarkan dua konsentrasi yakni media dan komunikasi strategis.

Pada konsentrasi media, peserta didik akan mempelajari seluk beluk pengelolaan jurnalistik, media cetak, penyiaran, dan interaktif dehingga diharapkan mereka dapat menjadi tenaga profesional pada industri media.

Pada konsentrasi komunikasi strategis mencakup hubungan masyarakat, periklanan, dan komunikasi politik dan komunikasi publik.

"Para lulusan yang mengambil konsentrasi itu diharapkan dapat menjadi tenaga profesional komunikasi di perusahaan dan organisasi," kata Dyna.

Wakil Dekan II FIS UNY Saliman mengatakan Program Studi Ilmu Komunikasi S-1 itu didukung sarana dan prasarana serta tenaga akademik yang memadai.

"Program studi baru itu merupakan program studi unggulan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten dalam bidang komunikasi," katanya.

Menurut dia, peminat Program Studi Ilmu Komunikasi S-1 dapat mengikuti seleksi mandiri ujian tulis UNY. Pendaftaran dibuka hingga 5 Agustus 2014, ujian tulis 10 Agustus 2014, pengumuman hasil ujian 15 Agustus 2014.

"Program Studi Ilmu Komunikasi S-1 itu termasuk dalam kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum). Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui http://pmb.uny.ac.id," kata Saliman.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024