Dishub buka jalur alternatif keluar masuk wisata

id pengaturan arus

Dishub buka jalur alternatif keluar masuk wisata

Dinas Perhubungan, logo (ist)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka jalur alternatif bagi kendaraan wisatawan yang akan masuk maupun keluar dari kawasan objek wisata saat libur Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Ada beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan bagi wisatawan baik menuju dan keluar objek wisata terutama Pantai Parangtritis," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Suwito, Sabtu.

Ia mengatakan, beberapa jalur jalur alternatif yang dibuka untuk kendaraan wisatawan itu di antaranya jalan Imogiri Barat maupun Jalan Bantul untuk arus kendaraan yang keluar dari Jalan Parangtritis melalui perempatan Bakulan.

"Jalur alternatif ini untuk mengurai beban kendaraan wisatawan di jalur Parangtritis, karena Pantai Parangtritis akan menjadi tempat favorit bagi mereka yang merayalan libur Lebaran di Bantul maupun di Yogyakarta," katanya.

Pihaknya juga memastikan kondisi jalur alternatif tersebut dalam keadaan layak, seperti di sepanjang Jalan Imogiri Barat bagian selatan tahun ini sudah dilakukan perbaikan sehingga nyaman di lalui kendaraan saat libur Lebaran.

"Untuk penerangan jalan di kawasan jalur selatan juga sudah cukup, bahkan sepanjang Jalan Parangtritis saat ini kondisinya sudah terang, sehingga sangat nyaman dilalui kendaraan pada malam hari," katanya.

Sementara itu, terkait dengan kesiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2014, pihaknya mendirikan tiga posko pemantau arus lalu lintas yakni di Jalan Wates Sedayu, Jalan Srandakan, dan Jalan Wonosari Piyungan.

Menurut dia, posko pantau arus mudik dan balik Lebaran ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kondisi arus lalu lintas selama Lebaran, sekaligus upaya mengantisipasi jika terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Selain posko pantau, kata dia, sejumlah posko terpadu reguler dalam rangka pengamanan Lebaran juga didirikan di kawasan Pantai Parangtritis, depan Pasar Bantul, simpang empat Druwo, Simpang empat Gondowulung dan Ketandan.

"Tahun ini kami juga menyiapkan Posko Induk Dinas Perhubungan yang siaga 24 jam di terminal Gabusan, Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis, di pos induk ini kami siagakan bus angkutan Lebaran gratis bagi warga Bantul," katanya.

(KR-HRI)