Marzuki harapkan pemerintah baru benahi pendidikan-kesehatan

id marzuki

Marzuki harapkan pemerintah baru benahi pendidikan-kesehatan

Marzuki Alie (Foto: jogja.antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengharapkan pemerintah yang baru mampu membenahi masalah pendidikan maupun pelayanan kesehatan yang belum merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Apa yang kurang pada pemerintahan Presiden SBY menjadi PR bagi presiden berikutnya, seperti masalah pendidikan yang belum menjangkau dan merata, begitu juga pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Juga kebutuhan sandang, pangan, papan dan keamanan, itu perlu sekali," ujar Marzuki Alie di sela-sela 'Open House' di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pemerintah yang baru harus mampu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pluralisme juga harus tetap terjaga.

"Harapan kita adalah terjaganya NKRI, pluralisme tetap terjaga, tidak ada minoritas yang dirugikan, dan itu yang paling penting bagi saya," kata dia.

Sebelumnya, Marzuki Alie mengatakan pelaksanaan Pilpres 2014 yang jatuh pada saat Ramadhan membuat kondisi bangsa ini kondusif dan damai.

"Saya pertama bersyukur bahwa pilpres kita pada saat Ramadhan, 'head to head' dirasakan sangat keras, tapi manakala bulan Ramadhan, sering berbalik dengan kebiasaan sehari-hari, yang tadinya suka marah, marahnya hilang, tidak disiplin, menjadi disiplin. Karena itu Ramadhan diturunkan setahun sekali, jadi luar biasa," ujarnya.

Menurut dia, Idul Fitri artinya kembali ke keadaan suci. Tidak ada lagi rasa benci maupun permusuhan.

"Mari jadikan momentum Idul Fitri saling memaafkan atas semua kesalahan, dan kembali dalam keadaan suci," ujar dia.

Ia mengatakan menjadi Ketua DPR RI selama lima tahun terakhir dirinya selalu merayakan Lebaran pada hari pertama di Jakarta. "Padahal saya selalu sungkem kepada orangtua setelah melaksanakan Salat Idul Fitri," katanya.


(A063)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024