Museum Pagelaran Keraton dipadati wisatawan

id keraton

Museum Pagelaran Keraton dipadati wisatawan

Keraton Ngayogyakarta (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Museum Pagelaran dan Siti Hinggil Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada hari ketiga Lebaran, Rabu, masih dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tepas Keprajuritan Keraton Ngayogyakarta Hadingrat, Didik di Yogyakarta, mengatakan rata-rata jumlah pengunjung mulai H+1 lebaran mencapai 2.000 per hari. Jumlah kunjungan itu diperkirakan akan tetap tinggi hingga akhir pekan mendatang.

"Jika dibandingkan hari biasa jelas mengalami lonjakan, karena rata-rata mencapai 2.000 wisatawan sementara pada hari biasa hanya 1.000-1.500 pengunjung," kata dia.

Ia mengatakan pengunjung yang datang saat ini bukan hanya berasal dari Pulau Jawa melainkan juga dari luar Jawa dengan kategori keseluruhan rata-rata rombongan keluarga.

"Kalau pada musim libur sekolah kemarin rata-rata rombongan sekolah, kalau saat ini hampir seluruhnya keluarga," kata dia.

Dia menyebutkan harga tiket masuk Rp 7.000 per orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp 12.500 per orang.

Sementara itu, kata dia, untuk jumlah wisatawan mancanegara khususnya dari negara-negara Eropa pada libur lebaran juga mengalami peningkatan 30 persen jika dibandingkan dengan hari biasa pada bulan-bulan sebelumnya.

"Apalagi libur lebaran ini masih bersamaan dengan liburan musim panas di Eropa," kata dia.

Museum Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki koleksi antara lain relief mengenai perjuangan Pangeran Mangkubumi, serta relief tentang perjuangan Sri Sultan Hamengku Buwono.

Selain itu, juga terdapat koleksi foto serta lukisan Sultan terdahulu, kereta, pakaian adat serta peralatan upacara dan tempat penobatan raja.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024