Presiden Palestina nyatakan Gaza daerah bencana kemanusiaan

id Palestina

Presiden Palestina nyatakan Gaza daerah bencana kemanusiaan

Asap dan kobaran api membubung setelah serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan, Palestina (antaranews.com)

Gaza (Antara/KUNA-0ANA Jogja) - Presiden Palestina Mahmud Abbas  Rabu menyatakan Jalur Gaza sebagai daerah bencana kemanusiaan, dan mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa untuk menanggapi krisis yang disebabkan oleh serangan Israel di Jalur yang memasuki pekan keempat.

Dia mengirim pesan kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, menyerukan kepadanya untuk mengadopsi langkah-langkah yang diperlukan untuk menyatakan Jalur Gaza sebagai daerah bencana dan mendesak masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dalam hal ini.

"PBB dan badan-badan afiliasinya harus memenuhi kebutuhan mendesak rakyat kita di Gaza, dan menyediakan mereka dengan bantuan pemulihan," kata lapran Radio Palestina, mengutip pesan tersebut.

"Agresi brutal Israel di Gaza mengakibatkan keadaan darurat kemanusiaan dan penderitaan bagi orang tak terhitung banyaknya."

"Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menyatakan wilayah itu sebagai daerah bencana kemanusiaan dan saya meminta Anda untuk memikul tanggung jawab Anda dalam hal ini sesuai dengan ketentuan Piagam PBB, khususnya Pasal 99," tulis Abbas dalam pesannya.

Ia menyerukan Ban untuk menggunakan segala cara yang dimilikinya sebagai Sekjen PBB untuk memberikan bantuan mendesak, dan perlindungan bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza  yang terkepung itu.

Dia juga menyerukan untuk membuka jalur hidup dan membangun tempat berlindung yang aman bagi warga sipil di Gaza dalam rangka menyediakan mereka dengan makanan yang aman, air dan obat-obatan.

    
(H-AK)