Arus lalu lintas jalur Sedayu ramai lancar

id lalu lintas

Arus lalu lintas jalur Sedayu ramai lancar

Lalu lintas padat (Foto ANTARA/Noveradika)

Bantul (Antara Jogja) - Arus lalu lintas kendaraan pemudik yang balik melewati sepanjang jalur wilayah Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada H+3 Lebaran atau Kamis (31/7) terpantau ramai lancar.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Sedayu AKP Slamet Subiyantoro, Kamis mengatakan, arus balik di jalur penghubung Yogyakarta dan Wates Kulon Progo ini sudah tampak sejak H+2 Lebaran, namun sampai Kamis ini belum terjadi kemacetan di wilayah tersebut.

"Ramai iya, tapi arus tetap lancar untuk kemacetan juga belum terjadi, selain arus balik, di jalur ini juga banyak kendaraan yang melintas menuju ke tempat wisata seperti Pantai Kwaru, Pantai Baru Pandansimo dan Gembira Loka Yogyakarta," katanya.

Namun demikian, kata dia kepadatan arus lalu lintas di jalur Sedayu ini akan terus berlangsung, dan pihaknya memprediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu (2/8), namun dirinya juga tidak dapat memastikan apakah akan terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut.

Ia mengatakan, pada saat arus mudik Lebaran lalu, volume kendaraan yang melintas di jalur ini juga tidak sampai dua kali lipat, dan meskipun volume kendaraan meningkat dibanding hari biasa, akan tetapi tidak terjadi kecelakaan satu pun di jalur Sedayu.

"Respon masyarakat dan pengguna jalan dalam menjaga keamanan lalu lintas juga positif, bila dibanding tahun lalu, justru arus mudik dan balik ramai tahun lalu, untuk sekarang kelihatannya agak menurun," katanya.

Sementara itu, dari pantauan kepadatan lalu lintas kendaraan juga terjadi di sepanjang Jalan Parangtritis Bantul, atau jalur menuju pantai, padatnya kendaraan terlihat di beberapa titik seperti perempatan Druwo, pertigaan Tembi, perempatan Manding dan juga Bakulan.

Kendaraan wisatawan dari selatan menuju utara mulai padat di depan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Patalan, padahal petugas lalu lintas telah memberlakukan sistem dua arah di beberapa titik tersebut.

(KR-HRI)