Masyarakat Gunung Kidul manfaatkan layanan lebaran Disdukcapil

id kulon progo

Masyarakat Gunung Kidul manfaatkan layanan lebaran Disdukcapil

Lambang Kabupaten Kulon Progo (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Masyarakat Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memanfaatkan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tetap melayani selama libur Lebaran 1435 Hijriah.

Kepala Seksi Perkawinan Perceraian Pengakuan dan Pengesahan Anak (P4A) Disdukcapil Gunung Kidul Wahyudi Nugroho di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pelayanan tetap buka selama dua hari yakni Kamis �(31/7) dan Jumat (1/8).

"Pelayanan di kecamatan tetap buka yakni pelayanan adminstrasi kependudukan, sedangkan pelayanan lainnya tetap tutup," kata Wahyudi.

Wahyudi mengatakan pelayanan ini untuk memudahkan bagi pemudik yang pulang ke kampung halaman, akan mengurus administrasi kependudukan. Petugas akan masuk secara bergiliran untuk membantu masyarakat mengurus administrasi kependudukan, misalnya KTP dan akta kelahiran.

"Kantor akan buka mulai 08.00 WIB sampai 12 siang," kata dia.

Dia mengatakan belum banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tersebut. Tercatat baru delapan orang yang melakukan pengurusan surat-surat karena sampai hampir tutup baru delapan orang yang melakukan pengurusan.

Empat orang melakukan pengurusan migrasi kependudukan, dua orang meminta legalisir, satu surat kematian, dan dua orang melakukan konsultasi. "Jumlahnya tidak banyak," kata dia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Eko Subiyantoro, meskipun ada cuti bersama, Disdukcapil Gunung Kidul tetap melakukan pelayanan dokumen kependudukan."Kami pastikan pelayanan tetap prima," kata dia.

Eko menyebutkan pihaknya akan bekerja sama dengan Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di setiap kecamatan untuk memberikan pelayanan kepada kepada masyarakat yang akan melakukan pengurusan KTP, akta dan administrasi kependudukan lainya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024