Puncak arus balik di Terminal Jombor H+5

id puncak arus balik

Puncak arus balik di Terminal Jombor H+5

Terminal Jombor di Kabupaten Sleman (Foto Antara/Victorianus SP)

Jogja (Antara Jogja) - Puncak arus balik di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan terjadi pada Sabtu (2/8) atau H+5 lebaran.

Kepala Terminal Jombor, Margi Sudarnoto di Yogyakarta, Kamis, mengatakan saat puncak arus balik jumlah penumpang diperkirakan mencapai 5.000 orang.

"Penambahan penumpang pada saat arus balik tahun ini tidak terlalu banyak meningkat dari tahun lalu yang mencapai 4.507 orang," kata Margi.

Menurut dia, libur lebaran yang lebih lama dibanding tahun lalu, menjadi faktor mundurnya puncak arus balik. Lebaran tahun lalu puncak arus balik jatuh pada H+3 lebaran.

Ia mengatakan, melonjaknya jumlah penumpang pada arus balik lebaran tahun ini sudah terjadi pada H+1 yang mencapai 4.354 orang, atau meningkat 0,67 persen dibanding H+1 lebaran tahun lalu.

Margi mengatakan jumlah pemudik saat arus balik di Terminal Jombor selalu lebih besar dibanding ketika arus mudik.

Adapun mayoritas tujuan penumpang yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
"Saat arus balik lebaran memang tujuan paling dominan di Terminal Jombor ke Jabodetabek dibanding wilayah lainnya," kata dia.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada puncak arus balik, pihaknya telah menyediakan 22 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) cadangan. "Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di luar perkiraan, kami telah menyediakan 22 bus cadangan," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024