Terminal Dagsinarga Wonosari dipadati pemudik arus balik

id terminal

Terminal Dagsinarga Wonosari dipadati pemudik arus balik

ilustrasi. edupostjogja.com

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Terminal Dagsinarga Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati penumpang arus balik yang akan kembali ke kota-kota besar di Indonesia pada H+4 Lebaran.

Kepala UPT Terminal Dhaksinarga Wonosari, Trisulo Hantoko di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan, penumpang arus balik sudah mulai memadati kawasan itu sejak H+2.

"Sudah terjadi peningkatan sejak Rabu (30/7), dan hari ini terjadi peningkatan cukup signifikan," kata Trisulo.

Ia mengatakan sampai pukul 16.00 WIB sudah diberangkatkan 1.990 orang diangkut 60 unit bus reguler maupun tambahan, dengan tujuan paling banyak ke Jakarta dan sekitarnya.

Pada H+1 hingga H+3 lebaran mencapai lebih dari 2.200 penumpang. "Hampir sebagian besar bus penuh, dan perkiraan mengalami puncak pada Sabtu (2/8)," kata dia.

Trisulo mengatakan sudah sejak jauh hari pihaknya mengimbau PO bus agar tidak sampai ada penumpang yang terlantar. "Akan berusaha agar penumpang tidak terlantar," katanya.

Satu pengurus bus di terminal Dhaksinarga Wonosari Tuparyanto mengatakan, mulai Jumat ini ada beberapa pengusaha otobus yang mengoperasikan bus tambahan.

"Sudah ada beberapa armada tambahan yang memang sudah berjalan pada hari ini. Sebab, sudah ada peningkatan penumpang arus balik," kata dia.

Selain itu, sudah sejak Jumat siang ini beberapa bus mulai berangkat ke Jakarta. "Sudah banyak yang berangkat ke Jakarta hari ini," katanya.

Petugas PO Rosalia Indah, Anung mengatakan mulai hari ini menambah tujuh bus tambahan, serta 12 bus reguler untuk mengangkut penumpang yang hendak kembali ke Jakarta. "Kami memberangkatkan 19 bus hari ini," katanya.

Dari pantauan, di Terminal Dagsinarga Wonosari, ribuan pemudik memadati termional tipe A Kabupaten Gunung Kidul ini sejak 12.00 WIB. Sebagaian besar bus yang terparkir merupakan bus pariwisata yang di carter PO Bus.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024