LPMP dorong guru perdalam materi Kurikulum 2013

id lpmp dorong guru

LPMP dorong guru perdalam materi Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (Foto antarakaltim.com)

Jogja (Antara Jogja) - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong guru atau pengajar memahami dan menguasai secara mendalam materi ajar sesuai Kurikulum 2013.

"Kurikulum 2013 sebenarnya lebih sederhana, asalkan guru mampu memahami atau menguasai materi ajarnya," kata Kepala Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY Harmanto di Yogyakarta, Jumat.

Bahkan, ia meyakini seluruh guru di DIY akan mampu menyampaikan materi pelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun ini.

"Saya yakin semuanya mampu, kalau yang kesulitan itu mungkin yang memang belum mendapatkan pelatihan," katanya.

Kurikulum 2013, menurut dia, sesungguhnya lebih sederhana. Namun demikian, jauh lebih mampu membangun kemampuan siswa secara tersistem dibanding kurikulum terdahulu.

Oleh sebab itu, ia menilai seluruh guru mulai sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) akan lebih mudah mengimplementasikannya. Walaupun, di sisi lain tetap diperlukan pemahaman yang mendalam dari pihak guru terhadap mata pelajaran yang diampu.

Sementara itu, menurut dia, penerapan Kurikulum 2013 juga didukung kemampuan rata-rata guru di DIY. Sesuai hasil uji kompetensi pada 2013 rata-rata guru di DIY memiliki nilai 5,7 di atas rata-rata nasional 4,8. "Kualitas guru di DIY ditinjau dari hasil uji kompetensi masih lebih baik dibanding di provinsi lain," katanya.

Sementara itu, untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013, pihaknya bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY masih akan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) lanjutan.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024