Puncak arus balik Terminal Jombor Sleman Minggu

id puncak arus balik

Puncak arus balik Terminal Jombor Sleman Minggu

Ilustrasi (Foto antarayogya.com)

Jogja (Antara Jogja) - Puncak arus balik pemudik di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan terjadi pada H+6 Lebaran atau Minggu.

Pengurus Paguyuban Bis Malam (Pabima) Terminal Jombor Tri Mandiri di Yogyakarta, Minggu, mengatakan, sebelumnya puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+5 (Sabtu, 2/8), namun ternyata pada Minggu atau H+6 jumlah pembeli tiket bus masih banyak.

"Dilihat dari masih banyaknya pembeli tiket mulai pukul 08.00 WIB, penumpang hari ini masih sama, bahkan bisa saja melebihi H+5 Lebaran, yang sebelumnya kami kira puncaknya. Hari ini diperkirakan mencapai 1.000 penumpang lebih," katanya.

Menurut Tri, jumlah penumpang pada puncak arus balik pemudik pada Minggu tetap lebih sedikit dibandingkan puncak arus balik pada Lebaran 2013. Hal itu dipicu libur semester beberapa kampus di Yogyakarta yang berdekatan dengan libur Lebaran tahun ini.

Mengantisipasi masih tingginya jumlah penumpang pada Minggu, Pabima masih menyiapkan sebanyak 12 bus cadangan.

Hal itu mengingat pada H+4 Lebaran bus yang diberangkatkan melampaui jumlah normal, yakni mencapai 200 bus.
"Kalau normal hanya 20-30 bus, tapi kemarin bisa memberangkatkan 200 bus, plus 12 cadangan," kata dia.

Sementara itu, ia mengklaim sejak H+1 Lebaran belum ada keluhan dari calon penumpang terkait pemberangkatan bus.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk.

Meski demikian, ia mengakui bus kerap mengalami keterlambatan kedatangan di Yogyakarta, sehingga keberangkatan penumpang sering mengalami kemunduran tiga hingga enam jam. "Bus yang melewati jalur pantura sering terjebak macet, sehingga sering terlambat tiba di Yogyakarta," katanya.

Pabima Terminal Jombor, kata dia hingga saat ini memiliki anggota sebanyak 50-60 agen bus untuk jurusan beberapa kota di Pulau Jawa maupun luar Jawa.

Sementara itu, pada arus balik Lebaran sebagian besar penumpang adalah tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).



Masduki Attamami

(T.KR-LQH/B/M008/M008) 03-08-2014 17:24:46
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024