PDIP belum usulkan nama pimpinan DPRD sementara

id pdip belum usulkan

PDIP belum usulkan nama pimpinan DPRD sementara

PDIP

Jogja (Antara Jogja) - Salah satu partai politik peraih kursi terbanyak di DPRD Kota Yogyakarta, PDIP belum memutuskan usulan nama yang akan mewakili partai untuk duduk di kursi pimpinan sementara DPRD Kota Yogyakarta pascapelantikan.

"Penatapan nama untuk menjadi pimpinan dewan sementara itu harus ditetapkan melalui rapat pleno. Hanya saja, rapat baru bisa digelar awal pekan depan," kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Sujanarko di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, belum digelarnya rapat pleno tersebut disebabkan ada salah satu pengurus partai masih belum bisa mengikuti rapat karena masih disibukkan dengan kegiatan keluarga hingga akhir pekan ini.

Rapat pleno untuk memutuskan wakil partai yang akan duduk sebagai pimpinan sementara itu setidaknya harus dihadiri delapan dari total 15 pengurus harian.

Selain Sujanarko, PDIP memiliki dua kandidat lain yang cukup kuat untuk diusulkan sebagai pimpinan sementara yaitu Danang Rudiatmoko yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Kota Yogyakarta serta Suryani yang menjabat sebagai Bendahara DPC PDIP Kota Yogyakarta.

"Tunggu hasil pleno saja. Wakil yang nanti ditetapkan pun baru duduk sebagai pimpinan sementara, belum pimpinan definitif," katanya.

Selain PDIP, partai yang juga harus menetapkan wakilnya untuk duduk sebagai pimpinan sementara adalah PAN yang memperoleh kursi terbanyak kedua berdasarkan hasil Pemilu Legislatif.

"Sudah ada nama yang ditetapkan dari hasil rapat pleno internal partai, yaitu saya," kata Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta M. Ali Fahmi.

Fahmi adalah anggota DPRD Kota Yogyakarta yang terpilih kembali dan kini ia masih duduk sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Yogyakarta.

Namun demikian, Fahmi mengatakan, penunjukan dirinya itu hanya berlaku untuk mengisi pimpinan sementara dewan, bukan untuk pimpinan definitif. "Penetapan perwakilan partai untuk mengisi kursi pimpinan definitif menjadi kewenangan pusat," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta Bejo Suwarno mengatakan, pimpinan sementara diisi oleh wakil dari dua partai yang meraih kursi terbanyak.

Sedangkan untuk pimpinan definitif, lanjut dia, masih menunggu peraturan lebih lanjut dari pusat.

Pelantikan anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2014-2019 rencananya digelar di gedung DPRD setempat pada Selasa (12/8) pukul 10.00 WIB.

(E013)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024