Menpora dorong Bali bangun stadion internasional

id menpora dorong bali

 Menpora dorong Bali bangun stadion internasional

Menpora Roy Suryo (foto Antara)

Kuta (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga  Roy Suryo  mendorong pemerintah Provinsi Bali merencanakan pembangunan stadion internasional di Cengkiling, Desa Pecatu, Kabupaten Badung, Bali dengan harapan Indonesia dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Menpora Roy Suryo mengungkapkan hal itu pada acara penutupan "Asean Forum and International Conference On Sport Science And Technology" (AFICSST) di Hotel Grand Inna, Kuta, Bali, Minggu malam.

"Peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 terbuka lebar, apalagi Bali rencananya akan membangunan stadion bertaraf internasional," ujar Roy Suryo.

Ia mengatakan Bali menjadi salah satu dari lima provinsi yang diharapkan untuk lolos kualifikasi persyaratan FIFA dalam penyelenggaraan Piala Dunia.

"Tahun 2022 saya merencanangkan Indonesia menjadi bagian dari penyelenggaraan Piala Dunia apabila negara Qatar mengundurkan diri," ujarnya.

Menurut dia, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 bukan mimpi belaka. Namun, segala perhitungan sudah dilakukan dengan cermat.

"Kalau pemerintah ke depannya tidak bisa memperjuangkan, itu yang harus dipertanyakan," katanya.

Ia menegaskan Indonesia tidak dapat sendirian menjadi tuan rumah Piala Dunia karena salah satu persyaratan yang diajukan FIFA adalah wajib memiliki 20 stadion berstandar internasional.

"Mungkin kita bisa bergandengan bersama Malaysia, Thailand dan negara lain," ujar Roy Suryo yang juga sebagai politisi dari Partai Demokrat itu.

Ia menambahkan Indonesia hanya mampu menyiapkan lima stadion yang bertaraf internasional yakni berada di Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Palembang dan termasuk Bali apabila dipastikan membangun stadion bertaraf internasionla itu.

Selain itu, pihaknya mengharapkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan F1 dan telah melakukan kajian dan mengunjungi langsung ke sirkuit di Australia dan Sepang Malaysia.

"Saya sudah canangkan ketika awal saya menjabat dan sudah melakukan pengkajian saat berada di Australia, dan Sepang, Malaysia," ujarnya.

Ia membandingkan negara India sudah mampu membangun sirkuit untuk F1 sehingga dipastikan Indonesia juga pasti bisa memiliki hal serupa.

"Mohon doa dan restunya agar harapan ini dapat tercapai sehingga Indonesia diperhitungkan di kancah internasional untuk menjadi tuan rumah di Piala Dunia," ujar Roy Suryo.
(KR-SRW)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024