Sumut tuan rumah Anugerah Film Indonesia

id sumut tuan rumah

Sumut tuan rumah Anugerah Film Indonesia

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Medan (Antara Jogja) - Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah penganugerahan Anugerah Film Indonesia atau AFI 2014 untuk mendongkrak dan mengangkat kearifan budaya lokal yang ada di Sumut.

Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemendikbud RI Prof Dr Endang Caturwati di Medan, Selasa, mengatakan pagelaran AFI 2014 di Medan, 12-13 September 2014 dimaksudkan untuk semakin mengembangkan budaya lokal di daerah termasuk Sumut yang potensinya cukup besar.

Dia mengatakan itu usai melakukan audiensi ke Pemerintah Provinsi Sumut terkait kegiatan AFI tersebut.

Didampingi Ketua Panitia AFI 2014 Robby Ertanto dan CEO Dyandra Miranthy, dia menyebutkan kegiatan AFI 2014 merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap karya dan insan perfilman tanah air.

Apresiasi tersebut mencakup tiga bagian, yakni penghargaan utama, khusus dan inspiratif.

Acara itu diharapkan semakin semarak dengan adanya tampilan pawai artis pada 12 September 2014 dengan rute Hotel Santika Medan ke kediaman Gubernur Sumut.

Acara yang juga menampilkan pameran sejarah bioskop di Indonesia  akan diikuti sekitar 50 artis.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut Nurdin Lubis mengatakan bahwa Pemprov Sumut gembira dengan terpilihnya Medan, Sumut sebagai tempat acara tersebut.

"Banyak kebudayaan-kebudayaan lokal di Sumut karena masyarakatnya heterogen. Dengan dijadikannya tuan rumah diharapkan kebudayaan Sumut bangkit dan berkembang," katanya.

Ketua Panitia AFI 2014 Robby Ertanto, kegiatan AFI tahun ini untuk pertama kali dilakukan di luar pula Jawa dan diharapkan bisa mengembangkan kebudayaan daerah.

(E016)
 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024