Kader PDIP Gunung Kidul ikuti uji kelayakan

id kader pdip gunung

Kader PDIP Gunung Kidul ikuti uji kelayakan

PDI Perjuangan

Gunung Kidul (Antara Jogja) - DPC PDIP Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengirim tiga calon ketua DPRD untuk mengikuti uji kelayakan yang dilakukan dewan pimpinan pusat yang berlangsung di Jakarta sejak Rabu, 13 Agustus.

Ketua DPC PDIP Gunung Kidul Budi Utama di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan ketiga nama masing-masing Suharno, Desiyanti, dan Endah Subekti Kuntariningsih.

"Mereka akan bersaing memperebutkan jabatan ketua legislatif periode 2014-2019. Untuk menentukan pemimpin harus melalui mekanisme pemilihan, dan keputusannya tetap ditentukan DPP," kata Budi.

Dia mengatakan ketiga nama peserta uji kelayakan memiliki peluang sama. Budi mengatakan seluruh peserta akan dilakukan pengkajian oleh DPP, di antaranya rekam jejak yang bersangkutan selama menjadi kader dan dari sisi kepemimpinan. Selain itu juga ada pertimbangan perolehan suara dalam pemilu legislatif (pileg) termasuk psikotes.
"Banyak pertimbangan, dan nantinya dari DPP yang menentukan," katanya.

Budi mengatakan penetapan ketua DPRD tidak tergantung pada Megawati sebab putri proklamator itu akan mengambil sikap jika semua tahapan pemilihan sudah dilakukan. Apabila semua tahapan sudah terlewati, kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno dan penetapan. "Semuanya sudah dilalui maka akan ada rapat pleno dan penetapan," katanya.

Sebelumnya, di tubuh PDIP sendiri pertarungan menuju DPRD satu berlangsung sengit. Belum lama ini dalam rapatpleno DPC PDIP Gunung Kidul diadakan voting calon terkuat.

Keluar hasil bahwa Desiyanti memperoleh 13 suara, kemudian Endah Subekti Kuntariningsih 11 suara, disusul Suharno dengan perolehan sebanyak enam suara.

Sementara itu, DPD PAN Gunung Kidul menyiapkan seluruh kadernya untuk persyaratan sebagai wakil ketua DPRD definitif.

"Kami diminta untuk mengirimkan tiga nama untuk dikirim ke dewan Pimpinan Wilayah," kata Ketua DPD PAN Gunungkidul, Dodi Wijaya.

Namun demikian, pihaknya mengaku tidak tahu mekanisme pemilihan di tingkat DPW. Apakah sama dengan cara-cara PDIP atau langsung penunjukan. "Kalau itu silakan konfirmasi ke ketua DPW," kata Dodi.

Sementara hari ini DPD Golkar Gunung Kidul menggelar rapat pleno menentukan satu kursi wakil ketua DPRD Gunung Kidul yang dipimpin oleh ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman. Dalam rapat tersebut, diperoleh tiga nama yang akan dikirimkan ke DPP, di antaranya Marsiono, Sugiharto, dan Heri Nugroho.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024