Pemkab Gunung Kidul salurkan bantuan alat pertanian

id pemkab gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul salurkan bantuan alat pertanian

Ilustrasi (Foto Antara/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan alat pertanian kepada petani setempat sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Gunung Kidul Azman Latif di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan bantuan berupa traktor tangan tersebut diberikan untuk petani di sejumlah kecamatan, yakni Kecamatan Semanu, Rongkop dan Wonosari. "Khusus untuk Kecamatan Semanu, sudah diserahkan beberapa waktu lalu," kata Azman.

Namun demikian ia mengaku tidak tahu jumlah nominal dana dari APBD untuk membeli 29 unit traktor tangan tersebut. "Saya tidak tahu secara rinci, nanti akan saya lihat datanya," katanya.

Dia mengatakan bantuan itu ditujukan untuk meningkatkan produktivitas petani dan memudahkan dalam membajak sawah atau ladang.

"Nantinya kami akan memikirkan bagaimana menambah alat yang lain untuk menunjang produktivitas petani, seperti alat perontok padi," kata dia.

Azman mengatakan pemberian bantuan ini harus diusulkan melalui kelompok tani (poktan) terlebih dahulu. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, kemudian semua usulan akan diseleksi. "Harus ada proses seleksi sehingga tidak asal memberikan bantuan," kata Azman.

Sementara itu Camat Semanu, Wastana mengatakan petani di wilayahnya sudah menerima sebanyak 14 unit beberapa waktu yang lalu.

"Traktornya sudah diserahkan langsung oleh kepala Dinas TPH, namun belum diserahkan ke petani karena saat ini masih dirakit," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan bantuan traktor tangan sejak setahun lalu. "Semoga bisa menambah produktivitas petani dan harapan kedepan petani lebih sejahtera," kata Wastana.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024