Pertamina perkirakan antrean pembelian BBM dua hari

id BBM

Pertamina perkirakan antrean pembelian BBM dua hari

ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Pt Pertamina memperkirakan antrean panjang kendaraan untuk pembelian bahan bakar minyak bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum di Daerah Istimewa Yogyakarta masih akan berlangsung dalam dua hingga tiga hari ke depan.

"Pasokan BBM bersubsidi ke SPBU telah dinormalisasi, namun untuk kondisi normal masih membutuhkan waktu, paling tidak dalam dua sampai tiga hari ke depan antrean kendaraan masih ada," kata Manajer PT Pertamina Area Daerah Istimewa Yogyakarta Hendry Eko di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan hal itu di sela rapat koordinasi bersama pihak terkait di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul.

Menurut dia, keadaan normal yang dimaksud adalah tidak adanya antrean panjang kendaraan di SPBU seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, menyusul kebijakan pemerintah tentang pembatasan BBM bersubsidi yang berdampak pada pengurangan lima persen pasokan di daerah.

Dia mengatakan meskipun kebijakan pembatasan BBM bersubsidi tersebut resmi dicabut dan pasokan kembali normal sejak Rabu (27/8) dinihari, hingga saat ini masih terjadi antrean kendaraan untuk pembelian premium.

"Yang jelas tidak ada kelangkaan, karena ini hanya dampak dari adanya kebijakan pemerintah dan kami imbau SPBU harus bisa memperkirakan stok yang dimiliki, sehingga bisa membaca situasi," katanya.

Pihaknya mengakui bahwa kebijakan pembatasan BBM bersubsidi berdampak pada faktor psikologis masyarakat.

Mereka khawatir tidak kebagian premium, seperti yang terjadi pada waktu-waktu sebelumnya ketika akan ada pembatasan maupun harga naik, konsumen berbondong-bondong ke SPBU.

"Sudah terlanjur terbentuk opini di masyarakat (kelangkaan premium, red.), apalagi kita tahu pemberitaan di media seperti apa, dimana-mana antre beli BBM, sehingga yang perlu dilakukan saat ini adalah mengobati opini tersebut," katanya.

Berdasarkan pantauan di sejumlah SPBU Bantul, masih terjadi antrean kendaraan terutama roda dua untuk pembelian premium, bahkan antrean hingga badan jalan, seperti di SPBU Bantul Kota, sehingga butuh penjagaan oleh aparat kepolisian setempat.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024