Kapal Mekarsari Gunung Kidul karam diterjang ombak

id kapal mekarsari gunung

Kapal Mekarsari Gunung Kidul karam diterjang ombak

Ilustrasi (Foto Antara/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kapal ikan "Mekarsari" berbobot 15 grosston karam dihantam ombak di sekitar perairan Pantai Sadeng, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kasi Pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan Gunung Kidul Darmadi di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan kapal berangkat dari Pelabuhan Pantai Sadeng pada Senin (25/8) menuju ke lima mil laut. "Setelah empat hari berlayar kapal hendak kembali ke pelabuhan," kata Darmadi.

Kapal bantuan dari Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah (Bappeda) Gunung Kidul hancur di bagian lambung setelah dihantam ombak besar Kamis (28/8) siang. Kapal yang dinahkodai Slamet Riyadi (30) warga Girisubo, Gunung Kidul membawa tiga awak buah kapal (ABK) selamat Kartolo (40) Wagiman (45) dan Ari (25) warga Cilacap semuanya selamat.

Sementara hasil melaut selama beberapa hari yakni ikan laut sebanyak 1,5 ton hilang tercebur ke laut.

Darmadi mengatakan kapal yang membawa hasil tangkapan berupa ikan tuna dan cakalan, saat memasuki pintu masuk pelabuhan tiba-tiba dihembaskan ombak setinggi empat meter, saat memasuki area Pelabuhan Sadeng.

"Kapal tersebut langsung terlemper di bibir pantai dan miring. Seluruh isi kapal dan muatan terlempar keluar kapal," katanya.

Petugas pelabuhan Sunardi menambahkan seluruh penumpang berenang ke pinggir pantai, namun seluruh isi kapal tidak bisa diselamatkan.

"Semuanya langsung dievakuasi ke Pos SAR dan mendapatkan pemeriksaan dari petugas medis puskesmas," katanya.

Sunardi mengatakan kapal yang rusak parah pada bagian lambung sebelah kiri sudah berhasil dievakuasi menjauh dari lokasi area gelombang laut. "Kerugian mencapai puluhan juta rupiah," katanyaa.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024