Satpol PP-PKL bersihkan tempat jualan Alun-alun Wonosari

id bersih

Satpol PP-PKL bersihkan tempat jualan Alun-alun Wonosari

Ilustrasi (Foto Antara/Irwansyah Putra)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama pedagang kaki lima membersihkan lokasi tempat berjualan di sekitar Alun-alun Kota Wonosari.

Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Gunung Kidul Bambang Dwi Sutiyana di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap Jumat sekali dalam sebulan.

"Kegiatan ini perdana, dan diikuti oleh semua pedagang yang biasa berjualan di kompleks Alun-alun Kota Wonosari," kata Bambang.

Bambang mengatakan kegiatannya ini dilakukan untuk membersihkan bekas minyak dan kotoran lainnya yang menempel di sekitar trotoar.

"Untuk membersihkan kotoran yang menempel di trotoar, dan menyebabkan lokasinya kumuh," katanya.

Menggunakan cairan sabun dan air yang berasal dari tangki, seluruh PKL dan Satpol PP membersihkan menggunakan sikat dan sapu.

Menurut Bambang, kegiatan ini agar pedagang ikut dalam menjaga kondisi Alun-alun Kota Wonosari. "Kami ingin ikut menjaga Alun-alun," katanya.

Disinggung mengenai relokasi, Bambang mengaku mendukung langkah pemkab untuk direlokasi disekitar taman kota. "Kami sangat mendukung dan jika ditata akan lebih baik," kata dia.

Kepala Seksi Trantip Satpol PP Gunung Kidul Djunjung Marhendro mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari untuk menjaga lingkungan alun-alun yang selama ini memang kurang terawat. "Supaya terlihat bersih dan nyaman bagi masyarakat," katanya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut Satpol PP mengerahkan 20 personel membantu pedagang membersihkan Alun-alun Kota Wonosari yang rencananya 2015 bebas PKL.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan setiap bulan kami akan terlibat," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024