Pemkab Kulon Progo santuni korban kebakaran

id kebakaran

Pemkab Kulon Progo santuni korban kebakaran

Foto ilustrasi kebakaran rumah (foto ANTARA Manado / Dok)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan santunan kepada warga Terbah, Kemin Hadi Wiyono yang rumahnya mengalami kebakaran pada Minggu (31/8) malam.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Senin, mengatakan, bantuan untuk korban kebakaran tersebut dari Bazda senilai Rp2 juta.

"Kami minta agar Kemin beserta keluarga dapat bersabar menerima musibah ini dan berharap tidak bersedih yang berkepanjangan. Kami berdoa agar setelah musibah ini diberikan rezeki yang melimpah dan barokah," kata Hasto.

Kemin mengatakan kebakaran terjadi pada Minggu (31/8) malam sekitar pukul 19.30 WIB dan dapat dipadamkan dua jam kemudian. Beruntung petugas pemadam kebakaran mengerahkan mobil dari arah barat dan selatan, dibantu masyarakat setempat, sehingga api tidak menjalar ke rumah tetangga.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bupati dan semua pihak termasuk masyarakat sekitar yang langsung memberikan bantuan sehingga dapat meringankan beban yang kami hadapi," kata Kemin.

Ia mengatakan penyebab kebakaran kemungkinan besar bermula dari adaptor yang masih menancap pada stop kontak karena tabung gas dan peralatan listrik lainnya dalam kondisi sudah dilepas.

Dia mengatakan akibat kebakaran ini, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp200 juta. Kerugian materi yang dialami antara lain rumah berukuran 9x12 meter beserta perabot, uang tunai sebesar Rp45 juta, perhiasan istri lebih dari Rp10 juta, ijazah dan dua sertifikat.

"Uang yang terbakar dari sumbangan karena baru menikahkan anak, dan rencananya untuk membeli lembu guna menambah modal usaha ternak kelompok," kata Kemin.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024