Pemkab Gunung Kidul wacanakan pengembangan wisata bahari

id pemkab gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul wacanakan pengembangan wisata bahari

Pelabuhan Perikanan Sadeng di Kabupaten Gunung Kidul (Foto Antara/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewacanakan pengembangan wisata bahari yang akan terintegrasi ke Bantul dan Kulon Progo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Kidul Budi Martana di Gunung Kidul, Senin, mengatakan pengembangan wisata bahari merupakan implementasi dari kebijakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dimana among tani diubah menjadi dagang layar yang artinya mengubah paradigma dari bertani berkembang ke laut.

"Selain pengembangan dari perintah gubernur, konsep ini muncul dari hasil studi banding di Raja Ampat beberapa hari lalu, akan coba kami kembangkan di DIY," katanya.

Budi mengatakan wisata bahari akan dikembangkan bersama dua daerah lainnya yang memiliki pantai, yakni Kulon Progo dan Bantul. Tiga kepala daerah telah membicarakan masalah itu dengan Bappeda DIY. Langkah tersebut diharapkan dapat menambah destinasi wisata di Yogyakarta.

"Bisa saja nantinya mulai dari Gunung Kidul, makan di Bantul, dan melanjutkan wisata ke Pantai Kulon Progo," katanya.

Dia mengatakan konsep itu berhasil bukan tidak mungkin mengembangkan wisata bahari ke Pulau Bali karena melalui perjalanan laut bisa ditempuh hanya dengan waktu 11 jam perjalanan.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di pesisir selatan Jawa.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemkab Karangasem, Bali, terkait dengan program pengembangan itu.

Rencananya Pelabuhan Pantai Sadeng akan dijadikan pintu utama sebagai gerbang jalur laut Gunung Kidul menuju Bali via Pelabuhan Karangasem, Bali. "Ke depan akan bisa sampai ke Bali, dan itu pasti bisa dilakukan," kata Budi.

Dia mengaku beberapa agen wisata yang telah mendukung rencana tersebut, sedangkan pihaknya saat ini masih terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten lain, untuk menentukan kebijakan selanjutnya. "Kami berharap, ada investor yang berniat untuk ikut membangun," katanya.

Pada kesempatan terpisah Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung Kidul Hari Sukmono mengaku masih akan mengkaji terkait dengan pengembangan wisata bahari. "Butuh kajian mendalam," katanya.

Ia mengaku wacana tersebut bukan sesuatu yang baru karena pada 2003 sudah pernah diuji coba.

Akan tetapi, katanya, dibatalkan karena ombak pantai selatan cukup tinggi. "Kondisi laut pantai selatan cenderung memiliki ombak besar, tetapi kami akan mengkajinya," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024