Yogyakarta-Tanjungpinang kerja sama di tiga bidang

id pemkot yogya karta

Yogyakarta-Tanjungpinang kerja sama di tiga bidang

Pemda Kota Yogyakarta (Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang menandatangani kesepakatan bersama untuk melakukan kerja sama di tiga bidang, yaitu pendidikan, ekonomi kerakyatan dan pariwisata.

"Kerja sama ini akan berlaku selama tiga tahun dan dimungkinkan ada penambahan bidang kerja sama apabila disepakati oleh kedua belah pihak," kata Kepala Bidang Perekonomian Pengembangan Pendapatan Daerah dan Kerja Sama Pemerintah Kota Yogyakarta Danang Subagjono di Yogyakarta, Kamis.

Perjanjian kesepakatan bersama antara kedua pemerintah daerah tersebut ditandatangani secara langsung oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono dan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah.

Danang mengatakan, kerja sama antara kedua pemerintah daerah yang sudah berjalan adalah di bidang pendidikan karena sejak Minggu (7/9) sudah ada masing-masing 25 guru dan pelajar dari Tanjungpinang yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di sejumlah SMA/SMK di Kota Yogyakarta.

Sebelum melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang, sudah ada setidaknya tiga pemerintah kabupaten di Pulau Sumatera yang juga menjalin kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, yaitu Takalar dan Pangkalpinang.

"Mereka melihat bahwa pendidikan di Kota Yogyakarta sudah cukup maju sehingga bisa dijadikan referensi untuk pembangunan pendidikan di kota-kota tersebut. Hasilnya memang sudah cukup baik," kata Danang.

Sedangkan kerja sama di bidang ekonomi kerakyatan difokuskan untuk pelatihan pembuatan kerajinan, serta Pemerintah Kota Tanjungpinang menyediakan bahan baku yang dibutuhkan UMKM di Yogyakarta seperti kulit ikan pari, kerang dan gonggong.

"Pemasaran hasil kerajinan dari UMKM Kota Yogyakarta juga bisa diperluas ke Tanjungpinang dengan adanya kerja sama ini," katanya.

Kerja sama di bidang pariwisata diarahkan untuk saling tukar menukar informasi kegiatan pariwisata yang ditindaklanjuti dengan mengirim misi kesenian. "Selain itu, akan ada magang pegawai untuk penataan kawasan wisata dan promosi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana mengatakan, seluruh guru dan murid dari Tanjungpinang tersebut akan mengikuti kegiatan belajar mengajar selama sekitar dua pekan.

"Mereka ditempatkan di lima SMA/SMK di Kota Yogyakarta. Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter kebangsaan," kata Edy.

Sedangkan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, pihaknya memilih Kota Yogyakarta karena kota tersebut merupakan kota pendidikan, pariwisata dan memiliki perkembangan yang cukup pesat di bidang ekonomi kerakyatan serta ekonomi kreatif

"Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan kerja sama antar dinas agar terus berkelanjutan. Harapannya, dari kerja sama ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

(E013)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024