Polda DIY siap amankan sosialisasi pembangunan bandara

id Polda DIY

Polda DIY siap amankan sosialisasi pembangunan bandara

Kapolda DIY Brigjen Oerip Subagyo (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta akan membantu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam melaksanakan kebijakan pembangunan khususnya pengamanan sosialisasi pembangunan bandara.

Kapolda DIY Brigjen Polisi Oerip Soebagyo di Kulon Progo, Minggu, mengatakan rencana sosialisasi pembangunan bandara yang akan dilaksanakan mulai Selasa (16/9) penting agar masyarakat memahami program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah termasuk manfaatnya bagi masyarakat.

"Kami berharap sosialisasi ini bisa dihasilkan pemahaman yang komprehensif dari masyarakat, tidak pemahaman yang sepotong-sepotong menimbulkan isu yang menyesatkan," kata Oerip.

Terkait potensi unjuk rasa penolakan rencana pembangunan bandara, menurut Oerip, unjuk rasa diperbolehkan karena diatur oleh undang-undang.

"Namun, kami berharap bila ada yang akan berunjuk rasa harus dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku dan tidak melakukan tindak pidana yang lain," katanya.

Dia mengatakan pihaknya juga siap menerjunkan personelnya untuk mengamankan sosialisasi bandara. Namun dirinya enggan merinci personel yang akan diterjunkan.

"Jumlah personel yang disiagakan disesuaikan dengan situasi lapangan. Kami akan sesuaikan dengan tahapan kegiatannya. Kalau tidak ada masalah cukup dengan petugas-petugas dari polsek maupun polres yang ada. Mudah-mudahan tidak ada masalah," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Kulon Progo AKBP Johanes Setiawan Widjanarko mengatakan pihaknya akan menerjunkan 335 personel untuk mengamankan pelaksanaan sosialisasi rencana pembangunan bandara oleh tim dari Pemda DIY bersama PT Angkasa Pura pekan ini. Sesuai rencana, sosialisasi akan dimulai Selasa (16/9) bagi warga terdampak di Desa Jangkaran serta gabungan warga terdampak Desa Kibonrejo, Temon Wetan, serta Temon Kulon.

"Selain petugas berseragam ada juga petugas-petugas tidak berseragam yang disiagakan di lokasi. Selain itu ada bantuan pengamanan juga dari Kodim 0731 baik yang di lapangan maupun cadangan," katanya.

(KR-STR)