Jogja Surfing 2014 diharap majukan selancar Yogyakarta

id selancar

Jogja Surfing 2014 diharap majukan selancar Yogyakarta

Ilustrasi selancar (antarafoto.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kompetisi selancar bertajuk Jogja Surf Competition 2014 di Pantai Wedi Ombo Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diharapkan mampu meningkatkan dan memajukan selancar di Yogyakarta.

Panitia Jogja Surf Competition 2014 Budi Santosa di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan Pantai Wedi Ombo dipilih karena kondisi ombak yang mendukung untuk kegiatan surfing.

"Kompetisi ini diselenggarakan oleh komunitas surfing lokal yakni Wediombo Surf Sosiety (WSS). Kompetisi semacam ini baru pertama kalia diselenggarakan di Yogyakarta khususnya Gunung Kidul," kata Budi.

Ia mengatakan kegiatan ini juga diharapkan bisa memperkenalkan pariwisata di Gunung Kidul. "Kegiatan tingkat Nasional ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar di dunia surfing dan pariwisata," kata Budi.

Ia mengatakan Jogja Surf Competition 2014 memperlombakan dua kategori yakni kelas di bawah 14 tahun dan kelas open di atas 16 tahun. Untuk penilaian, panitia mengundang dua juri dari Australia dan satu juri lokal.

"Responnya cukup bagus. Kami sudah konsepkan enam bulan mendatang akan digelar lagi," kata dia.

Kompetisi diikuti oleh 33 peselancar berasal dari beberapa daerah diantaranya Bengkulu, Sukabumi dan Mentawai. Mereka memperebutkan hadiah berupa dua papan selancar masing-masing senilai Rp7 juta.

Salah seorang penonton Damar Wiratama mengaku cukup terhibur dengan diadakannya kompetisi surfing di Pantai Wedi Ombo. "Ini baru pertama kali digelar di Wedi Ombo. Sangat menarik," katanya.

Dia berharap kegiatan seperti ini sering dilakukan agar pariwisata di Gunung Kidul terus berkembang dan ramai di kunjungi wisatawan.

"Saya berharap ada kompetisi seperti ini dilaksanakan terus, sehingga pantai-pantai di Gunung Kidul semakin terkenal," katanya.

(KR-STR)