2.006 atlet ikuti Porkab Kulon Progo 2014

id 2.006 atlet ikuti

2.006 atlet ikuti Porkab Kulon Progo 2014

Pembukaan Porkab Kulon Progo 2014 (Foto Antara/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Sebanyak 2.006 atlet di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten III Kulon Progo 2014 yang memperebutkan 545 medali emas.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Senin, mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet terbaik di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

"Kami berharap PORKAB ini benar-benar dapat dijadikan ajang bagi seluruh atlet untuk dapat menunjukkan dan menampilkan kemampuannya sesuai dengan cabang olahraganya untuk meraih prestasi. Kami yakin, melalui Porkab III ini akan lahir atlet-atlet baru yang mampu mengukir prestasi sehingga kedepan mampu mewakili Kulon Progo pada event-event yang lebih tinggi," kata Hasto dalam acara pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Kulon Progo 2014.

Ketua Panitia Porkab Kulon Progo 2014 Kusdiro mengatakan Porkab diikuti kontingen dari seluruh 12 kecamatan sebanyak 2.006 atlet. Paling banyak dari Kecamatan Pengasih yang mengikuti 24 cabor dengan 253 atlet, sedangkan paling sedikit Kecamatan Girimulyo mengikuti 12 cabor dengan 110 atlet.

Kusdiro mengatakan Porkab kali ini memperebutkan 545 medali emas, 545 medali perak, dan 715 perunggu. Disamping medali, para pemenang juga diberikan piagam penghargaan. Adapun atlet yang bisa mengikuti harus ber-KTP atau memiliki kartu keluarga Kulon Progo.

Lebih lanjut, ia mengatakan suatu cabor dipertandingkan dan perolehan medalinya diperhitungkan dalam Porkab ini bila minimal diikuti kontingen dari empat kecamatan. Untuk Porkab kali ini ada lima cabor yang pesertanya kurang dari empat kecamatan yakni cabor anggar, dansa, sepatu roda, dan tarung drajat.

"Cabor yang kontingen pesertanya kurang dari empat kecamatan hanya dipertandingkan saja. Pemenangnya tetap dapat medali tetapi tidak dihitung dalam perolehan kontingen kecamatan bersangkutan," katanya.

Dia mengatakan tempat pelaksanaan cabang olahraga tersebut telah dipersiapkan yakni untuk cabang atletik di Stadion Cangkring, basket di Alun-alun Wates, voli di GOR Margosari, bulutangkis di GOR Wates, aeromodeling di Lapangan Kedungsari, footsal di Dio Futsal, karate di aula SMK Negeri II Pengasih, dan pencak silat di GOR Wates.

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024