Pascasarjana UAD kerja sama tiga Universitas Filipina

id pascasarjana uad kerja sama

Pascasarjana UAD kerja sama tiga Universitas Filipina

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jogja (Antara Jogja) - Program Pascasarjana melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Strata Dua English Language Teaching Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menindaklanjuti kesepakatan kerja sama dengan tiga universitas di Filipina.

"Tiga universitas di Filipina itu adalah Ateneo de Manila University, University of Saint Anthony, dan University of Nueva Caceres," kata Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) S-2 ELT UAD RA Noer Doddy Irmawati di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, beberapa waktu lalu UAD mengirimkan dua dosen yakni Dwi Sulisworo dan RA Noer Doddy Irmawati ke tiga universitas tersebut untuk mengadakan tindak lanjut hubungan kolaborasi dan pembicaraan pelaksanaan beberapa kegiatan kerja sama.

"Beberapa kegiatan kerja sama antara UAD dengan tiga universitas itu baik pada tingkat universitas, fakultas maupun program studi. Kegiatan itu antara lain kolaborasi penelitian, seminar, lokakarya, konferensi, pertukaran dosen dan mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan kedua dosen UAD itu juga bertugas mengantar dan menyerahkan tujuh mahasiswa terdiri atas dua mahasiswa Program Studi Fisika S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan lima mahasiswa Program Pascasarjana PBI S-2.

"Dua mahasiswa Fisika S-1 itu mengikuti kuliah `double degree` di University of Nueva Caceres, sedangkan lima mahasiswa PBI S-2 untuk melaksanakan riset, menulis, dan menyelesaikan tesis di University of Saint Anthony," katanya.

Menurut dia, delegasi UAD sebanyak sembilan orang mengadakan kunjungan ke Ateneo de Manila University untuk melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya studi banding, studi perpustakaan, "campus tour", parktik pencarian buku "online".

Selain itu belajar mengaplikasikan peminjaman dan pengembalian buku dengan sistem elektronik, mengoperasikan internet, melihat fasilitas kuliah dan sistem kerja pelayanan universitas. "Beberapa kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan antara UAD dengan tiga universitas di Filipina tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat ke depan baik bai mahasiswa, dosen maupun institusi," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024