Pemkab apresiasi PNS pendamping KK miskin Girimulyo

id pemkab apresiasi pns

Pemkab apresiasi PNS pendamping KK miskin Girimulyo

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengapresiasi pegawai negeri sipil yang berhasil melakukan pendampingan kepala keluarga miskin di Kecamatan Girimulyo.

Tim Penanggulangan Kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulon Progo Taufik Prihadi di Kulon Progo, Jumat, mengatakan Kecamatan Girimulyo memiliki kondisi geografis yang berbukit-bukit tetap semangat melakukan pendampingan empat kepala keluarga (KK) miskin.

"PNS pendamping yang terdiri dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di wilayah Kecamatan Girimulyo ditambah seluruh PNS di Sekretariat Daerah dan Dinas Pertanian dan Kehutanan, sebagian besar telah berkunjung ke lokasi sesuai jatah masing-masing PNS yang mendapatkan empat KK Miskin," kata Taufik.

Sementara itu Camat Girimulyo Purwono mengatakan sesuai data album kemiskinan, Kecamatan Girimulyo terdapat 2.682 KK miskin dengan 407 PNS pendamping. Selain PNS SKPD di Kecamatan, Setda dan Dinas Pertanian dan Kehutanan, juga turut serta jajaran pimpinan di pemkab seperti bupati, wabup, sekda dan para asisten yang juga memperoleh jatah pendampingan.

"Mereka juga telah berkunjung ke masing-masing KK Miskin yang tersebar di beberapa desa se-Kecamatan Girimulyo," katanya.

Purwono mengatakan pihaknya membagikan formulir bagi masing-masing PNS yang batas waktu pengumpulan adalah 25 September. Namun mereka mengeluhkan adanya kewajiban mengambil foto keadaan rumah dan lingkungan KK miskin yang didampinginya.

Selain itu, permasalahan yang muncul diantaranya terkait adanya PNS pendamping yang meninggal dunia, sedang menunaikan ibadah haji dan kondisi yang sedang sakit serta sedang mengikuti beberapa diklat atau pelatihan di sekolahnya masing-masing.

"Mereka mengeluhkan oerintah yang tidak bersamaan dengan saat pembagian formulir, sangat menyita waktu untuk berkunjung kembali ke lokasi bagi PNS yang telah ke lokasi. Namun ada sebagian PNS menjadikannya media silaturahim," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024