JK minta kabut asap segera diselesaikan

id kabut

JK minta kabut asap segera diselesaikan

ilustrasi kabut asap (antarafoto.com)

Bogor (Antara Jogja) - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla mengimbau Pemerintah Daerah Provinsi Riau untuk segera menyelesaikan persoalan kabut asap secara baik, yang kini mulai melanda kawasan tersebut.

"Persoalan kabut asap harus diselesaikan dengan baik. Apakah dengan hujan buatan atau operasi di udara maupun di darat," kata JK saat meresmikan Gedung F Rumah Sakit PMI Bogor, Sabtu.

JK menyayangkan kabut asap kembali melanda kawasan tersebut hal itu tidak hanya merugikan masyarakat juga perekonomian di wilayah tersebut.

"Itukan tiap tahun terjadi, jadi harus diselesaikan dengan baik, dan diupayakan tidak terulang kembali," kata JK.

Selama sepekan ini kabut asap kembali melanda Provinsi Riau, dan sekitarnya, kondisinya kian parah hingga menyebabkan jarak pandang menjadi pendek.

Menurut catatan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, akibat kabut asap, sebanyak 1.569 orang warga Kota Pekanbaru Riau terserang Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada periode 15-19 September 2014.

Kabut asap terparah juga terjadi di awal 2014, ratusan ribu warga menderita ISPA, sejumlah penerbangan juga ditutup hingga akses menuju Pekanbaru Riau ditutup dan dialihkan ke daerah berbatasan.

Tidak hanya di Riau, kabut asap juga melanda Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi.

(KR-LR)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024