Dishubkominfo Kulon Progo pasang LPJU Kota Wates

id lpju dishubkominfo kuloprogo

Dishubkominfo Kulon Progo pasang LPJU  Kota Wates

Perbaikan LPJU (Foto ANTARA)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai memasang lampu penerangan jalan umum di 46 titik yang dipusatkan di Kota Wates.

"Saat ini petugas sudah mulai memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di seputaran Kota Wates. Hal ini bertujuan supaya Kota Wates sebagai pusat kota semakin terang dan berkembang," kata Kepala Dishubkominfo Nugroho di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan pihaknya juga membongkar LPJU 21 hias yang ada di Kota Wates. Pembongkaran ini dikarenakan LPJU hias sudah tidak berfungsi, rusak dan jaringannya sudah tidak bisa diperbaiki.

"Ratusan LPJU hias di Kota Wates sudah tidak berfungsi dan rusak, kami akan membongkarnya secara bertahap dan diganti dengan yang baru," katanya.

Dia mengatakan bahwa Pemkab Kulon Progo juga mendapat alokasi LPJU untuk jalan provinsi yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Samigaluh, Sentolo, dan Lendah, masing-masing 10 titik.

"Kami juga sudah mengajukan permohonan ke Pemda DIY terkait LPJU jalan provinsi. Kami sudah mengidentifikasi lokasi-lokasi yang ada jaringan listrik tegangan rendahnya supaya menjadi prioritas," katanya.

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan Pemkab Kulon Progo juga akan memasang LPJU sebanyak 150 titik dengan anggaran Rp2 miliar pada 2015. Pemasangannya akan tersebar di 11 dari 12 kecamatan.

"Kami akan segera melakukan koordinasi dengan camat membahas titik-titik yang akan dipasangi. Jaringan diutamakan tersedia jaringan listrik tegangan rendah dan rawan kecelakaan," katanya.

Nugroho mengatakan berdasarkan kebutuhan ideal, maka jumlah LPJU yang dibutuhkan di wilayah Kabupaten Kulon Progo sebanyak 22.406 unit lampu, dengan rincian jalan kabupaten 18.835 unit, jalan provinsi 3.016 dan jalan negara 555 unit lampu.

"Dari kebutuhan ideal tersebut, Pemkab Kulon Progo sampai saat ini baru bisa memasang lampu sebanyak 1.234 unit. Lampu yang sudah terpasang di jalan kabupaten ada 346 unit, jalan provinsi 578 unit, dan jalan negara 310 unit," katanya.

Wakil Ketua sementara DPRD Kulon Progo Ponimin Budi Hartono mengatakan Kulon Progo sangat minim LPJU, sehingga terkesan berkembang lambat dan tidak ada aktivitas malam. "Hal ini membuat Kulon Progo seperti kota mati. Kami minta, pemkab mengidentifikasi lokasi yang perlu dipasang lampu, supaya Kulon Progo lebih terang," kata Ponimin.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024