Pemkab Bantul-UGM beri pelatihan pedagang pasar

id pemkab bantul-ugm beri

Pemkab Bantul-UGM beri pelatihan pedagang pasar

Ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada, tahun ini memberikan pelatihan bagi para pedagang pasar setempat guna meningkatkan kemampuan dalam aktivitas perdagangan.

Kepala Kantor Pengelola Pasar Bantul, Hermawan Setiadji di Bantul, Selasa mengatakan, pelatihan bagi pedagang pasar yang meliputi pembukuan, cara menata barang dagangan hingga menjaga kebersihan pasar tersebut menyasar di 22 dari 31 pasar di Bantul.

"Selama ini mereka tergolong cuek, tidak memperhatikan kebersihan dan kerapian dagangan, dari segi pembukuan juga masih ala kadarnya sehingga kadang tidak tahu berapa dagangan yang terjual serta berapa laba yang dikantongi," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pedagang pasar perlu mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam pembukuan, cara menempatkan dagangan dengan benar, apalagi sebagian besar pedagang masih berjualan secara otodidak.

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Hermawan, pedagang pasar juga diajarkan untuk bersosialisasi dengan pedagang lain di sekitar, sosialisasi ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mereka secara merata dan bersikap individual.

"Pelatihan ini berdampak positif, perubahan pertama pedagang yakni tidak lagi bersikap individual karena merasa senasib dengan pedagang lain, omset yang didapat juga bertambah karena berhasil menarik pembeli melalui penataan dagangan yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan, pelatihan pedagang pasar tahun ini memang belum menyeluruh bagi semua pedagang pasar se Bantul, namun demikian akan diupayakan dalam pelatihan yang akan datang dapat menyasar ke seluruh pedagang pasar se Kabupaten Bantul.

"Bagi pedagang yang belum mendapat pelatihan, diharapkan bergabung ke pasar terdekat. Anggaran pelatihan ini sekitar Rp170 juta, yang mana masing-masing pasar membutuhkan dana sekitar Rp15 juta," kata Hermawan.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024